Jelang Pemuktahiran Data Pemilih, Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Gelar Rapid Test Kepada Panwaslu.

/ Sabtu, 15 Agustus 2020 / 15.52.00 WIB
                             
  Komisioner Panwascam.                 poto bersama     

POSKOTASUMATERA. COM- TAPSEL Menjelang pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada Tahun 2020, Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tapanuli Selatan Gelar Rapid test di seluruh jajaran Bawaslu Tapsel,Panwaslu Kecamatan dan Panwas Kelurahan Desa secera serentak Sabtu (15/8).


Pantauan awak media online Rapid Test di Puskesmas Batangtoru terdiri dari 5 Kecamatan yaitu Panwaslu Kecamatan Batangtoru sebagai tuan rumah,  Panwaslu Kecamatan Marancar, Panwaslu Kecamatan Angkola Sangkunur dan Panwaslu Kecamatan Muarabatangtoru beserta seluruh Pangawas Kelurahan Desa (PKD)  5 Kecamatan sebanyak 83 orang berlangsung aman dan lancar mulai Jam 09.00 sampai Jam13.00 WIB.

Dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan, 318 anggota pengawas pemilu di Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan rapid test mulai tingkat Bawaslu Kabupaten, Kecamatan hingga Panwas Kelurahan/Desa mengikuti rapid test, Kamis secara serentak yaitu di  puskesmas Danau marsabut  sebanyak 106 Orang, Puskesmas.Pintupadang sebanyak 104 orang, puskesmas Batangtoru sebanyak 83 orang dam Kantor Bawaslu Tapsel sebanyak 15 orang yang telah dihunjuk Dinkes Tapanuli Selatan," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan DR. SL.Simbolon,M.Ag Sabtu(15/8).


Menurut Simbolon , rapid test kali ini digelar sebagai bentuk komitmen Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatab dalam upaya mengurangi penyebaran pandemi COVID-19 serta menjaga dan menjamin kesehatan petugas Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan dan PKD  dalam melaksanakan tugas pengawasan Pilkada dan memastikan jajaran pengawas telah siap melaksanakan tugasnya."Kita bagi di 3 Puskesmas dan Kantor Bawaslu Tapsel secara serentak ," ujarnya kepada wartawan.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, kami dapat meyakinkan masyarakat bahwa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya anggota Bawaslu Tapsel dan Panwaslu Kecamatan dan PKD dipastikan dalam kondisi sehat dan bebas dari COVID-19, sehingga masyarakat dapat merasa lebih aman dan tenang ketika ada jajaran pengawas yang bertugas ke lapangan, tentu dengan menggunakan protokol Kesehatan yang berlaku di masa pandemi," ujar tambahnya.


Hasilnya, kata Simbolon, seluruh petugas tidak ada yang reaktif. Jika pun ditemukan yang reaktif, maka pihaknya segera untuk mengganti petugas yang ada di lapangan.

"Alhamdulillah non reaktif semua. Kita harap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik meski di tengah pandemi," pungkasnya

Selain dilakukan Rapid Test tersebut, diharapkan jajaran Pengawas Pemilu di Kabupaten Tapsel nantinya tetap senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan dalam bertugas dan juga pada saat beraktivitas sehari-hari guna mengantisipasi tertularnya COVID-19.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Batangtoru Makmur Amirsah Pardede bersama Komisioner Panwaslu 5 Kecamatan mengatakan Alhamdullilah hasil rapid test jajaran Panwaslu di Lima Kecamatan  yaitu Kecamatan Batangtoru sebagai tuan rumah, Panwaslu Kec.Marancar,Panwaslu Kec.Muara Batangtoru, Panwaslu Kec Angkola Sangkunur dan Pengawas Kelurahan Desa adalah non reaktif.  Sehingga masyarakat kita berhadapan dengan Panwascam dan PKD tidak perlu merasa Kwatir lagi," ujar Makmur Amirsah Pardede. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: