Kades Marancar Godang : Masyarakat Diminta Aktif Mengikuti Kegiatan Posyandu

/ Minggu, 16 Agustus 2020 / 22.03.00 WIB
                             

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL-Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan untuk melihat perkembangan sekaligus mengindentifikasi adanya gangguan pertumbuhan pada balita. Posyandu merupakan sarana untuk membantu masyarakat dalam memeriksakan perkembangan balita. Posyandu adalah wadah pelayanan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, ibu, bayi dan balita khususnya. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Marancar Godang Kec. Marancar  Ade Jonri Siregar pada saat memantau kegiatan Posyandu (15/8).

Sejak ditetapkannya Desa Marancar Godang desa binaan kategori lingkungan bersih dan sehat,  Puskesmas Marancar Udik  rutin memberikan pembinaan kepada kader posyandu. 

“Fungsi paling penting dari posyandu adalah memantau kesehatan ibu dan anak, termasuk pengecekan berat badan, pemberian imunisasi dan pemantauan gizi bagi balita” lanjutnya.

Camat Kecamatan Marancar H. Supri Siregar berharap kepada warga Masyarakat  , khususnya ibu-ibu dan balita agar secara rutin memeriksakan kesehatan untuk mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan bagi balita. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada kader posyandu yang aktif dalam melaksanakan kegiatan rutin sehingga pertumbuhan balita dapat terpantau dengan baik.

 
Kepala Puskesmas , Eva Lesrina Asrin Siregar, menyampaikan bahwa kegiatan posyandu di wilayah Kecamatan Marancar khususnya desa  selalu aktif. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat sehingga tidak ada lagi balita yang mengalami gangguan pertumbuhan atau stunting. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada  Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa yang selalu aktif dalam mendukung kegiatan puskesmas. 

Selain memberikan layanan kesehatan, kegiatan posyandu juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat," beber Eva Lesrina. 


 
“Kegiatan posyandu di setiap desa diselenggarakan oleh puskesmas dan dibantu oleh kader posyandu masing-masing desa” jelas Kapus.

Di tengah pandemi Covid-19, puskesmas  Marancar Udik selalu menghimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pada kegiatan posyandu, dengan cara tidak berkerumun pada saat pemeriksaan kesehatan atau membudayakan antri, memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan posyandu. Dengan demikian kegiatan posyandu berlangsung dengan aman dan lancar. [PS/BERMAWI]
Komentar Anda

Terkini: