Sekda & Pimpinan OPD Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

/ Jumat, 14 Agustus 2020 / 14.27.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke 75  Republik Indonesia Tahun 2020 di Gedung DPRD Medan, Jumat (14/8). Selain Sekda, sejumlah unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat se-Kota Medan serta anggota DPRD Medan juga turut dalam rapat paripurna tersebut.

Selain Kota Medan, rapat paripurna juga dilakukan secara serentak seluruh DPRD provinsi dan kota se-Indonesia dengan agenda yang sama. Adapun Pidato Kenegaraan Presiden RI ini disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI yang berlangsung di Gedung DPR/MPR RI Jakarta.

Sebelum mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI, rapat paripurna terlebih dahulu dibuka Ketua DPRD Medan Hasyim SE. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti jalannya sidang tahunan melalui layar televisi yang diawali dengan sambutan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Usai mengikuti rapat parupirna, Sekda mengungkapkan bahwa setiap pesan dan point yang sampaikan Presiden dalam pidato kenegaraannya menjadi masukan dan spirit guna meningkatkan etos dan semangat kerja untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia khususnya Kota Medan. Tujuannya bilang Sekda yakni kesejahteraan masyarakat yang dapat dirasakan secara adil dan merata.

"Kita telah sama-sama mengikuti dan mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI. Melalui ini kami berharap seluruh aparatur di lingkungan Pemko Medan dapat meningkatkan kualitas dan mutu kinerja dalam semua sektor pelayanan publik sesuai dengan pesan yang disampaikan presiden. Maka dengan begitu, masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka," kata Sekda.

Di samping itu lanjut Sekda, momentum semangat Kemerdekaan RI, diharapkan selaras dengan semangat untuk melakukan yang terbaik bagi Kota Medan. "Dibutuhkan kerjasama dan sinergitas dari kita semua. Terlebih dalam menghadapi kondisi di tengah terpaan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mewabah di Kota Medan," ajaknya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya menyampaikan bahwa saat ini sebanyak 215 negara tengah mengalami krisis akibat wabah Covid-19. Oleh karenanya lanjut presiden, inilah saatnya membenahi diri secara fundamental, melakukan tranformasi  besar sekaligus menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, budaya termasuk kesehatan dan pendidikan.

"Inilah saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pada usia ke 75 tahun ini, kita telah menjadi negara upper middle income country (negara berpenghasilan menengah ke atas). 25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara maju," seru Presiden dalam sidang tahunan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut.(PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: