Tingkatkan Minat Baca, Melalui DD Pemdes Simaninggir Bangun Perpustakaan Desa

/ Jumat, 07 Agustus 2020 / 12.59.00 WIB
                                             

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Tidak lama lagi, masyarakat Desa Simaninggir, Kecamatan Tano Tombangan Angkola   Kabupaten Tapanuli Selatan (TAPSEL), Provinsi Sumatera Utara (Sumut ), akan memiliki Perpustakaan Desa (Pusdes).

Pusdes yang tengah dibangun dengan luas dua belas  kali tujuh  meter terletak dibelakang rumah warga masyarakat.

Kepala Desa Simaninggir Donald Simatupang, mengatakan, pembangunan perpustakaan desa menjadi salah satu program prioritas dalam upaya memaksimalkan pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) Tahun 2020 yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca di desa serta bukti keseriusan Pemerintah Desa dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berdaya saing dan mencerdaskan generasi muda.

Masyarakat sangat antusias, itu yang sangat mendorong kami untuk segera membangun dan memiliki gedung perpustakaan di Desa Simaninggir.  Selain dari pada itu, manfaat kedepan dengan adanya perpustakaan desa, anak-anak dari Tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat mengujungi Perpustakaan Desa untuk menambah bahan bacaan dan menimba ilmu,  jelas Donalf kepada awak media online Jum"at  (07/08).

Menurutnya, dengan buku, wawasan akan bertambah serta berkembang karena ilmu itu tidak statis melainkan terus berkembang.

Meningkatkan gemar membaca atau minat baca adalah salah satu indicator dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM),  tegas Kades.

Kades berharap, dengan masuknya buku-buku serta bahan bacaan lainnya ke desa akan muncul inovasi baru sehingga desa semakin maju.

“Saya berharap, dengan kehadiran Perpustakaan Desa anak-anak, remaja serta masyarakat lainnya akan sering berkunjung ke Perpustakaan Desa untuk terus membaca, karena Perpustakaan Desa ini adalah gerbang ilmu yang harus dijaga dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kita bersama.” tutup Simatupang.
(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: