Tumbuhkan Nilai Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme, Lantamal I Bagikan Seribu Bendera Merah Putih ke Masyarakat Nelayan

/ Kamis, 13 Agustus 2020 / 14.51.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Menyambut serta menyemarakkan  peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Lantamal ) I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso membagi-bagikan bendera merah putih dan  bantuan sembako kepada masyarakat nelayan disekitar perairan Belawan bertempat di dermaga Mako Lantamal I dan perairan Belawan Sumatera Utara, Kamis (12/08/20).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini  dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 seperti pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun dan pemberian hand sanitizer. 
Kegiatan acara diawali dengan Pengukuhan Bintara Pembina Potensi Maritim ( Babinpotmar) jajaran  Lantamal I oleh Danlantamal I.  Babinpotmar yang baru dikukuhkan akan melanjutkan bakti sosial dengan cara menyisir perairan sekitar Belawan menggunakan speed boat untuk langsung membagikan bendera merah putih kepada setiap para nelayan supaya memasang di kapal dan perahu yang digunakan untuk mencari ikan dilaut.

Dalam sambutannya  Komandan Lantamal I, menyatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun. “ Sebanyak seribu  bendera  merah putih dan sembako kami bagikan kepada nelayan dan masyarakat sekitar Belawan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan  HUT RI ke-75  tahun 2020. Melalui pembagian bendera Merah Putih, kami berharap seluruh masyarakat bisa menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI dengan melakukan pengibaran bendera Merah Putih di kapal atau perahu saat melaut.  Harapannya dapat menumbuhkembangkan kembali nilai-nilai kebangsaan dan semangat Nasionalisme", ucap Danlantamal I.

"Bendera Merah Putih merupakan simbol kenegaraan kita, sekaligus sebagai lambang kebanggaan kita yang menandakan kita merupakan bangsa yang merdeka dan tidak siapapun, kelompok atau bangsa lain boleh meruntuhkan marbabat serta keutuhan negara yang kita peroleh dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan pendahulu kita," lanjutnya. 

"Bendera Merah Putih pun tidak boleh dikibarkan dalam kondisi rusak, robek, luntur, kusut ataupun kusam. Melalui Kegiatan ini, Lantamal I berharap kepada masyarakat dan nelayan untuk senantiasa mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan, salah satunya dengan cara menjaga kelestarian ekosistim laut dengan tidak menangkap ikan dengan menggunakan bom atau alat lainnya yang dapat merusak habitat laut", jelas Danlantamal I.

"Saya berharap melalui kegiatan ini akan menambah tekad bahwa, kita bangsa Indonesia yang merdeka punya harkat dan martabat, punya semangat perjuangan dan keberanian sehingga penting bagi kita untuk tetap mengibarkan bendera Merah Putih serta melengkapi alat keselamatan dan kelengkapan lainnya disaat kita berlayar", pungkas Danlantamal.

Dalam bakti sosial yang digelar Lantamal I, menyalurkan tali asih berupa pembagian sembako merupakan upaya dan bentuk keperdulian yang diberikan oleh Lantamal I dan komponen masyarakat lainnya termasuk para pengusaha dan pelaku ekonomi di wilayah Belawan, guna meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kesulitan yang dirasakan akibat pandemi covid-19. (PS/SYAMSUL)








Komentar Anda

Terkini: