3 Tahun Tak Tersentuh Hukum, Dugaan Penyalahgunaan DD Bunga Baru Dilaporkan Ke Penegak Hukum

/ Rabu, 02 September 2020 / 14.33.00 WIB

Kantor Kepala Desa Bunga Baru Yang Menurut Warga Desa Sebelum Di Beritakan, Jarang Buka. POSKOTA/BUDIMAN S


POSKOTASUMATERA.COM - KARO -  Kepala Desa (Kades) Bungga Baru Kecamatan Tiga Binangga Kabupaten Karo Sartono Sinulingga, sepertinya  selama ini sangat merasa nyaman, selama lebih kurang 3 Tahun menjabat sebagai Kades, kendati banyak informasi miring didapat dari warga, jika dirinya diduga tidak transparan dalam mengelola DD sejak 2017 - 2019.

Salah seorang Warga Desa Bungga Baru berinisial S kepada POSKOTASUMATERA.COM mengatakan, bahwa selama Sartono menjabat sebagai Kades, Pelayan untuk Publikpun sangat sulit di terima warga, dikarenakan Kantor Kepala Desa sangat jarang dibuka.

"Kantor aja jarang buka, mungkin sudah 2 Tahun nggak buka, itu buka baru aja Bang, padahal dananya ada, setelah masuk berita, baru buka", ujar warga tersebut.

Warga lain juga menambahkan, bahwa telah banyak beredar kabar miring terkait indikasi penyalahgunaan DD Bungga Baru, seperti Dana untuk Perawatan Kantor Desa, Dana Air Desa, Pembangunan Jalan dan lainya.

"Banyak bang, jika di telusuri Dana Desa di sini, sepertinya banyak uang masuk ke Kantong Kepala Desa", warga itu.

Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang melakukan investigasi Di Desa Bungga Baru inisial RL, terkait penyalahgunaan DD mengatakan, bahwa diduga banyak unsur Korupsi dalam pengunaan Dana Desa dan berharap agar Aparat Penegak Hukum (APH) segera melakukan pemangilan terhadap Kades Bungga Baru yang diduga telah menyalahgunakan jabatan dalam mengelola DD. 

"Pengaduan Terkait dengan adanya dugaan penyalahgunaan Dana Desa Bungga Baru sudah di Laporkan ke Kejaksaan Negeri Karo, semoga semuanya cepat diproses", ujar RL. 

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Karo Ifhan Taufiq Lubis SH pada Kru Media ini saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa akan memproses Pengaduan tentang dugaan penyalahgunaan Dana Desa Bungga Baru.

"Akan Kita proses secepatnya", ujar Ifhan. 

Kepala Desa Bungga Baru Sartono Sinulingga saat dikonfirmasi Wartawan Media ini terkait tanggapannya mengenai adanya Pengaduan LSM ke Kejari Karo terkait dugaan penyalahgunaan DD Via Telpon dan WA, sampai berita ini di kirim ke redaksi belum memberikan jawaban. (PS/BUDIMAN S)



Komentar Anda

Terkini: