Bupati Tapsel : Sektor Pertanian Harus Menjadi Skala Prioritas Dalam Pembangunan

/ Kamis, 03 September 2020 / 21.06.00 WIB
                          

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL - Sektor pertanian harus menjadi skala prioritas dalam pembangunan. Hal itu disampaikan Bupati pada saat mengukuhkan kader pangan dan sosialisasi peran kader pangan dalam mendukung peningkatan ketahanan pangan di era new normal yang digelar di Aula Sarasi II, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Kamis (3/9).

Pada kesempatan itu, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya mengatakan, pembangunan harus terus di lanjutkan walaupun di tengah - tengah kesulitan. Pemerintah dan masyarakat harus memiliki kesamaan untuk menciptakan Tapsel yang sejahtera utamanya di bidang pertanian dan ketahanan pangan, ungkapnya.

Disamping itu, Pemkab Tapsel juga sudah banyak melakukan pembangunan dalam meningkatan ketahanan pangan, seperti jalan usaha tani, jalan produksi serta irigasi kecil.

Oleh karena itu, saya berharap kepada kader pangan harus terus bergerak di tengah - tengah masyarakat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan hasil dari petani Tapsel agar semakin bagus. "Tentu semua itu belum semua bisa di tangani, tetapi Pemkab Tapsel akan selalu terus berusaha agar di daerah kita selalu ada pembangunan," pungkasnya.

Disamping itu, Bupati juga menjelaskan bahwa sektor pertanian, ketahanan pangan dan perikanan sangat mengambil peran dalam pergerakan perekonomian serta keberlangsungan hidup masyarakat, apa lagi di era pandemi ini, jelas Syahrul. 

"Walaupun di tengah - tengah sulitnya perekonomian saat ini, saya berharap kader ketahanan pangan harus selalu bersinergi untuk terus meningkatkan pangan di daerah kita. Apalagi Tapsel termasuk penyanggah ketahanan pangan terbesar di Sumatera Utara," katanya.

Bupati juga tidak lupa mengingatkan kepada semua kader pangan agar selalu mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, sering cuci tangan, dan menjaga jarak). Yang merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya Kadis Ketahanan Pangan Efrida Yanti Pakpahan dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Tapsel, juga sebagai upaya meningkatkan sumber pangan.

"Agar pola ketahanan pangan bisa di laksanakan dengan baik, serta masyarakat lebih kreatif untuk memanfaatkan sumber - sumber ketahanan pangan di sekitarnya dan juga dapat di manfaatkan sebagai sumber ketahanan pangan di era new normal life ini," jelasnya.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membentuk kader pangan di lingkungan Kabupaten Tapsel, serta meningkatkan pengetahuan kader pangan terhadap penyebaran Covid-19. Sedangkan peserta kegiatan ini terdiri dari 15 kecamatan, setiap kecamatan menghadirkan 10 orang. Tentu dengan di kukuhkannya kader pangan bisa menjadi penyambung dari Dinas Ketahanan Pangan di daerah masing - masing, katanya.

Oleh karenanya saya berharap melalui kegiatan ini bisa menggerakkan kader pangan dalam memberikan kontribusi untuk meminimalkan dampak dari penyebaran Covid-19 di daerah masing - masing, harapnya.

Turut hadir, Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa, Kadis Pendidikan Amros Karangmatua, Camat se-Tapsel dan seluruh kader pangan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: