Desa Hutabaru Siagian Siap Kampung Tangguh Program Polres Tapsel

/ Selasa, 08 September 2020 / 19.46.00 WIB
                       

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Desa Hutabaru Siagian Kecamatan Batangtoru , menjadi salah satu Kampung Tangguh  dan tanggap pandemi Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Sekatan.   Kampung Tangguh  ini merupakan program Polres Tapanuli Selatan melalui Polsek Batangtoru. 

Demikian disampaikan Kepala Desa Hutabaru Siagian Muchlis Pohan di ruang kerjanya  Selasa (8/9).

Kades Hutabaru Siagian Muchlis Pohan menyampaikan, pembentukan kampung tangguh mendapat dukungan penuh dari  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat Desa Hutabaru Siagian, di antaranya soal anggaran kampung Tangguh. 


Menurut Pohan," kampung tangguh itu yaitu  tangguh kesehatan, tangguh ketahanan pangan dan tangguh keamanan.
Sedangkan lahan Kampung tangguh yaitu lahan pertanian,Poskamling dan pos kesehatan.Program  Kampung tangguh itu Desa Hutabaru Siagian sudah siap," beber Kades. 

Menurut Kades,"  pembentukan kampung tangguh  ini, sebagai upaya mandiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat dalam mengelola lingkungannya guna mencegah dan mengatasi Covid-19. 

Kampung Tangguh itu  ada standardisasi yakni, setiap warga yang keluar masuk desa dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, Lumbung pangan desa juga dimanfaatkan sebagai cadangan pasokan makanan jika kondisi darurat.

Standar lainnya, ada ruang informasi Covid-19,  tempat dan personel keamanan, tempat ruang Isolasi, tempat cuci tangan, dan SOP cara penanganan pasien dengan kondisi Covid.

“Untuk Desa Hutabaru Siagian sudah memenuhi standardisasi Kampung Tangguh . Untuk sarana dan prasarana sudah siap,” tegas Kades. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: