DPRD Samosir Pelajari Teknik Pengembangan Ternak Kebau

/ Minggu, 13 September 2020 / 09.45.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Ingin mengetahui teknik pengembangan ternak Kebau, bersama Pimpinan, Komisi II DPRD Kabupaten Samosir mengunjungi Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) di Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu, (12/09).

Kunjungan wakil rakyat Samosir itu diterima oleh Drh.Derita Sianturi yang menjabat sebagai Kasi informasi dan Jasa Produksi, bersama Drh. Jeky Lumbangaol sebagai Kasi Pelayanan Teknis.

Sesampai disana, Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba dan Wakil Ketua Nasib Simbolon menjelaskan kehadiran mereka untuk berkordinasi dan konsultasi terkait Pengembangan dan pemeliharaan ternak Kebau. Dengan harapan nanti ya bisa diterapkan di Kabupaten Samosir. 

Anggota Komisi II DPRD Samosir, Jonny Sagala mengatakan bahwa di Kabupaten Samosir, masyarakatnya rata rata memelihara ternak Kerbau, dan menjadi salah satu sentra ternak Kebau di Sumatera Utara. Namun cara beternaknya mereka masih seperti biasa, sehingga hasil produksinya tidak signifikan.  

Kasi informasi dan jasa produksi Derita Sianturi menerangkan bahwa BPTUHPT Siborong-borong memiliki lahan seluas 60 Hektar. Selain memelihara dan mengembangkan Kerbau, Balai ini juga ikut mengembangkan ternak babi. 

Sementara untuk pakan, Derita Sianturi mengaku pihaknya menanam sendiri sesuai dengan kebutuhan dengan jenis rumput pennisetum purpureum atau yang biasa kita kenal dengan rumput gajah, serta menjelaskan berbagai teknis perawatan lainnya. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: