Dua Anggota DPD-RI Kunjungi Kampar.

/ Jumat, 04 September 2020 / 10.25.00 WIB


POSKOTASUMATERA,COM.BANGKINANG ; Dua  orang  anggota  Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Edwin  Pratama Putra, SH dan H. Darma Setiawan berkunjung ke Kabupaten Kampar, kunjungan diadakan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, Kamis (3/9/20).  Pada  kesempatan ini  dua orang senator ini menyempatkan  diri  melakukan   pertemuan dengan  Kepala  OPD (Dinas/Instansi)  dilingkup  Pemerintah Kabupaten Kampar, bertempat di aula Bappeda Kabupaten Kampar.

Dua  orang anggota  DPD RI ini hadir  ke Bappeda  atas undangan  dari Kepala Bappeda Kabupaten Kampar  Ir. H. Azwan, M.Si, yang  kebetulan  mereka sedang  melakukan kunjungan kerja di Riau. Disela-sela kunjungan kerja  ini dimanfaatkan  oleh Kepala Bappeda  untuk mengundang mereka bertemu dengan  OPD terkait. Moment ini dinilai sangat strategis karena pada waktu bersamaan, di Bappeda   sendiri sedang dilaksanakan pembahasan program/kegiatan prioritas  pembangunan Tahun Anggaran 2021.

Seperti di ketahui Edwin Pratama Putra merupakan anggota DPD-RI dari Provinsi Riau, sedangkan Darma Setiawan adalah  Anggota DPD-RI asal  Kepulauan Riau. Meskipun  dari Kepri, Darma memiliki ikatan emosional dengan masyarakat Kampar karena   orang tua Darma dan istrinya berasal dari Kabuaten Kampar (Tapung).

Kedua anggota DPD RI ini duduk di komite II DPD-RI yang  bermitra dengan sebelas Kementerian dan  dua  Menko. Lingkup tugas Komite II  meliputi urusan, Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan  Pekerjaan Umum.

Pada  pertemuan  yang dipimpin oleh Kepala  Bappeda  Kampar  Azwan tersebut, banyak  usulan aspirasi yang disampaikan OPD   kepada  dua orang anggota DPD  untuk diperjuangkan di Pusat.  Mengingat  kemampuan keuangan  daerah yang terbatas, maka  diharapkan kucuran  dana  dari pusat semakin besar  sehingga  mampu mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Kampar.

Diantara usulan yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Dinas tersebut diantaranya  adalah,  pembangunan unit  sekolah baru SMP Negeri di Bangkinang Kota. Dimana untuk  lahan sekolah  sedang dipersiapkan  oleh pemerintah daerah. Pembangunan SMP ini penting mengingat  kebutuhan masyarakat akan lembaga pendidikan setingkat SMP   di  Bangkinang Kota sangat  tinggi. Disamping itu   Bangkinang Kota merupakan satu-satunya  Ibukota Kabupaten di Indonesia yang hanya memiliki dua unit sekolah SMP Negeri yakni SMPN 1 dan SMPN 2. Di daerah lain ada  3 sampai 7 unit  SMP Negeri untuk  satu kecamatan. 

Kemudian ada usulan  pembangunan  dan pemeliharaan jalan dan jembatan, pembangunan bidang pertanian dan perkebunan serta  pembangunan bidang lainnya.  “Di Kabupaten Kampar ada ruas jalan kabupaten sepanjang 2.037 Km dan lebih dari  1000 unit jembatan,  yang semua ini  membutuhkan dana yang signifikan untuk pemeliharaan,” ujar Kabid  Jalan dan Jembatan  Dinas PUPR Hanif.

Kepala Bappeda Kabuapten Kampar Azwan menambahkan bahwa  pihaknya  sudah menyiapkan  beberapa  proposal pembangunan  yang akan disampaikan ke kementerian melalui  anggota DPD-RI dan DPR-RI,  diantaranya  proposal dari Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. “Kami mengharapkan dukungan  anggota DPD dan DPR-RI untuk  memperjuangkan usulan kami,” harap Azwan.

Sementara itu Edwin menyampaikan   bahwa ia bersama  rekan-rekannya di DPD dan DPR-RI siap  untuk   memperjuangkan  aspirasi  dari  Kabupaten Kampar  “Saya  akan  rekomendasikan usulan yang bapak-ibu sampaikan, termasuk juga untuk pembangunan SMP baru itu, saya akan buat surat resmi,” ujarnya.

Edwin juga akan mendukung progam jalan  dan jembatan serta  program-program lainnya. Ia mendorong  agar semua pihak saling mendukung sehingga  semakin banyak program kegiatan pembangunan yang masuk ke Riau   dan  Kampar ini. “Manfaatkan kami yang di Jakarta,” ajaknya.

Sementara itu  anggota DPD RI Darma Setiawan menyampaikan bahwa Edwin adalah aset berharga yang dimiliki  Kabupaten Kampar dan Riau. “Beliau adalah  anggota DPD yang cerdas, manfaatkan beliau  untuk membangun daerah ini,” ujarnya.

Bahkan jelas  Darma, saat ini Edwin telah ditunjuk oleh anggota DPD sebagai Pimpinan alat kelengkapan DPD-RI Badan Akuntabilitas Publik. “Jabatan ini tidak ada lobi-lobi, tapi anggota melihat dan menilai  kemampuan dan kecerdasannya sehingga memberikan kepercayaan sebagai pimpinan Badan Akuntabilitas Publik,” ujarnya.

Darma berjanji siap membantu  Kabupaten Kampar bersama Edwin. “Kabupaten Kampar dan Kepri memiliki medan yang berbeda sehingga memudahkan saya untuk membantu  Kabupaten Kampar,” ujarnya. (PS/NURMAN)
Komentar Anda

Terkini: