Forum Anak Kecamatan Sayurmatinggi Dikukuhkan Sekaligus Sosialisasi AKB

/ Jumat, 11 September 2020 / 17.48.00 WIB
                            

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tapanuli Selatan mengukuhkan forum anak Kecamatan Sayurmatinggi, di aula Kantor Camat Sayurmatinggi, Jum’at (11/9).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tapanuli Selatan, Dra. Tiorisma Damayanti, MM mengatakan,   bahwa forum anak ini merupakan suatu yang sangat penting sebagai wadah partisipasi anak untuk terlibat langsung dalam menyuarakan hak anak. Supaya pemerintah mendengar suara anak, selain itu pemerintah juga  harus  bisa memenuhi hak anak.



Selain itu forum anak dibentuk agar bisa menjembatani seluruh persoalan dari anak-anak di Kecamatan Sayurmatinggi, karena forum ini sebagai wadah tempat untuk menyampaikan aspirasi dan partisipasi anak, apa saja yang dibutuhkan dalam pembangunan anak.
.
Dikatakan Tiorisma Damayanti, pengukuhan forum anak ini untuk menciptakan hal yang positif,  termasuk menghilangkan kekerasan terhadapa anak, dengan pembentukan anak ini akan lebih mampu berprestasi mengaplikasikan dirinya dengan teman sebaya dalam rangka tatan hidup baru new life normal atau adabtasi kebiasaan baru.
"Peran forum anak sangat penting untuk memajukan pembangunan, terutama dalam mewujudkan visi misi Bupati Tapsel mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. Selain itu,  forum ini juga bisa sebagai pelapor dan pelopor dalam  menyikapi masalah anak, sehingga jika ada persoalan langsung ditindaklanjuti dengan cepat,”pungkas Tiorisma.

Dijelaskannya lagi, dalam masa new Normal life ini atau adaptasi kebiasaan baru ini bagi forum anak agar dapat mengedukasi teman sebaya mematuhi protokol kesehatan.”Kita ibaratkan masker itu sebagai baju, apabila kita pakai baju otomatis kita pakai masker dan tidak dapat dipisahkan demi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”cetus Tiorisma.

"Alhamdulillah Forum anak seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan semuanya sudah terbentuk dan Kecamatan Sayurmatinggi inilah yang terakhir dikukuhkan," kata Tiorisma.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Sayurmatinggi, Emmy Farida, S.Pd, MM berpesan setelah dikukuhkannya forum anak kecamatan ini tidak sampai disini saja, harus pro aktif saling bersinergi dengan pihak kecamatan, sehingga jika ada program harus saling bersinergi.

“Anak merupakan aset yang sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional, sehingga perlu mendapat perlindungan dan perhatian sungguh-sungguh dari semua elemen masyarakat,”ujar  Emmy Farida.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: