Giat Rutin Apel Senin Pagi Karantina Pertanian Pangkalpinang

/ Rabu, 02 September 2020 / 11.32.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PANGKALPINANG – Sebagai wujud kedisiplinan pegawai, Karantina Pertanian Pangkalpinang 
rutin melaksanakan apel Senin pagi yang dihadiri oleh seluruh pegawai. Bertempat di 
halaman Kantor Karantina Pertanian Pangkalpinang, apel pagi hari ini dipimpin oleh Kepala Seksi Karantina Hewan, drh. Akhir Santoso, Senin (31-08-2020). 

Dalam amanatnya Akhir menyampaikan beberapa hal diantaranya ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai yang sudah menyukseskan kunjungan kerja Menteri Pertanian beserta rombongan beberapa hari yang lalu dan Kegiatan Audit Internal agar segera dibuatkan laporannya untuk persiapan kaji ulang manajemen. 

Dalam kesempatan ini, Akhir juga menyampaikan agar semua pegawai terus meningkatkan disiplin serta meningkatkan pengawasan baik di Pelabuhan maupun di bandara. Juga pada hari Jumat (28 Agustus) kemarin telah dilakukan kegiatan berupa tindakan karantina pemusnahan dan penolakan terhadap media pembawa daging babi dan jagung yang dilaksanakan di Wilayah Kerja Muntok kemarin (30/8/2020). 

“Pemusnahan dan penolakan yang dilakukan kemarin merupakan tindakan karantina dan 
juga merupakan bagian dari proses penegakan hukum yang bersifat non justitia. Kami mengharapkan agar kita semua tidak bosan-bosannya mensosialisasikan undang-undang No.21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan yang baru kepada instansi terkait lingkup pelabuhan laut, bandara udara dan masyarakat pada umumnya”. 

Akhir juga menyampaikan bahwa UU Karantina tersebut merupakan undang-undang yang berazaskan lex specialis, yaitu aturan hukum yang bersifat khusus, dan merupakan norma 
administratif yang bersanksi pidana, mengedepankan falsafah ultimum remedium yang merupakan penerapan sanksi pidana yang merupakan sanksi pemungkas (terakhir) dalam penegakan hukum serta sebagai sarana preventif.(PS/SAHALA)


Komentar Anda

Terkini: