Optimalisasi Lahan Perkantoran Menjadi Produksi Ketahanan Pangan

/ Rabu, 02 September 2020 / 12.08.00 WIB
                              

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL- Melihat potensi yang besar dalam ikut mewujudkan ketahanan pangan, perlu kiranya mengoptimalisasi lahan perkantoran menjadi produksi ketahanan pangan. Hal itu disampaikan Bupati pada saat meninjau lokasi lahan kosong yang dimanfaatkan Kantor Kesbangpol dengan di tanami sayuran, palawija dan tanaman lainnya, di sekitaran Kantor Kesbangpol, Selasa (1/9).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pegawai Kesbangpol dalam memanfaatkan lahan yang kosong ini menjadi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya.

"Dengan dimanfaatkannya lahan kosong ini, maka dapat memberikan nilai tambah penghasilan terhadap pegawai Kesbangpol untuk membantu perekonomian keluarga dan juga dapat mendukung program ketahanan pangan dalam mengoptimalisasi lahan yang kosong agar bermanfaat dan juga bisa menjadi contoh kepada masyarakat atau dinas lainnya.

Selain itu, pemanfaatan lahan kosong yang ditanami tanaman pangan ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat karena ketahanan pangan menjadi perhatian penting dalam tatanan kebiasaan baru (new normal) di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh dinas yang masih mempunyai lahan kosong agar dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman pangan seperti yang dilakukan oleh pegawai Kesbangpol, harap Syahrul.

Sebelumnya Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan mengatakan, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk optimalisasi lahan perkantoran dengan memproduksi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya, memang lahan yang kosong ini tidak luas tapi bisa bermanfaat untuk ketahanan pangan, ungkap Hamdy.

Selain untuk memperkuat ketahanan pangan juga dapat memberi contoh kepada masyarakat, bahwa ketahanan pangan itu bisa dilakukan dilahan yang sempit seperti yang kita lakukan saat ini, katanya.

Disisi lain juga dapat memberi kreatifitas kepada pegawai kita bahwa didalam pelaksanaan tugas bukan hanya kerja dikantor saja akan tetapi bisa juga kerja dilahan perkantoran seperti memanfaatkan lahan yang kosong menjadi tanaman sayuran, palawija maupun tanaman lainnya.

Selanjutnya kata Hamdy, lahan yang kosong ini dapat kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin, apabila kita serius menanganinya karena sekecil apapun lahannya dan setidak subur apapun tanahnya apabila diolah dengan menggunakan pupuk kompos maka tanahnya akan menjadi subur sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai produksi ketahanan pangan.

Pada saat peninjauan lahan, diikuti Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kadis Pertanian Bismark Muaratua, Kadis Ketapang Efridayanti Pakpahan, Kadis PMPTSP Sofyan Adil Siregar, Kabag Umum dan Perlengkapan Farwis Rizky serta para Pejabat eselon III pada Kantor Kesbangpol. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: