Pelaku Penembakan Pdt.Yeremias Zanambani Bukan Dilakukan Aparat TNI,Kabidhumas Polda Papua:KKB Tebar Fitnah Jelang Sidang Umum PBB

/ Senin, 21 September 2020 / 22.06.00 WIB

Ket Foto:Kabidhumas Polda Papua,Kombes Pol.Drs.Ahmad Mustofa saat paparkan pelaku penembakan Pdt.Yeremias Zanambani yang di lakukan KKB

POSKOTASUMATERA.COM-PAPUA-Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan, isu yang beredar bahwa kasus penembakan yang mengakibatkan Pdt. Yeremias Zanambani dilakukan oleh aparat TNI itu tidak benar.

Menurutnya, KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) melalui Juru Bicaranya saat ini kembali menebar fitnah dengan mengatakan bahwa TNI lah pelaku penembakan. Saat ini KKB sedang mencari momen untuk menarik perhatian di Sidang Umum PBB akhir bulan ini.

“ Rangkaian kejadian beberapa hari ini adalah settingan KKB yang kemudian diputarbalikkan bahwa TNI melakukan penembakan kepada pendeta. Harapan mereka, kejadian ini jadi bahan di Sidang Umum PBB.

Kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan sebaran fitnah oleh KKB, khususnya melalui medsos. Fitnah mereka di media sosial, jelas sudah setingan dan rekayasa untuk menghasut masyarakat sekaligus menyudutkan TNI/Polri dan pemerintah menjelang Sidang Umum PBB. TNI bersinergi dengan Polri bertugas untuk melindungi masyarakat dari kebiadaban KKB seperti yang telah mereka tunjukkan dalam 1 minggu terakhir ini. TNI-Polri justru melindungi masyarakat dari aksi yang dilakukan oleh KKB baik di Kabupaten Intan Jaya maupun dibeberapa daerah yang menjadi tempat mereka melakukan tindak kekerasan,” katanya, Senin (21/9/2020).

Kabidhumas mengatakan, anggota kami saat ini di lapangan rencana akan melakukan oleh tkp di lokasi kejadian untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya kasus penembakan yang dilakukan oleh KKB di Kampung Bomba Distrik Hitadipta Kabupaten Intan Jaya. Ini kami lakukan untuk memastikan kematian Pdt. Yeremias Zanambani,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Papua menjelaskan, dalam beberapa minggu belakang ini terjadi rentetan kasus kekerasan yang dilakukan oleh KKB pimpinan Jelek Waker di Kabupaten Intan Jaya.

Seperti, hari Minggu tanggal 20 September 2020 pukul 14.40 WIT, adanya informasi yang beredar di Media Sosial bahwa ada salah satu tokoh agama bernama, Pdt. Yeremias Zanambani yang dikabarkan meninggal dunia akibat terkena tembak oleh OTK di Kampung Bomba Distrik Hitadipta Kabupaten Intan Jaya.

Mendapatkan informasi tersebut anggota Mapolsek Sugapa bertemu dengan Ketua Klasis GKII Sugapa Pdt. Timotius Miagoni. Dalam pertemuan tersebut Kapolsek Sugapa Ipda Engel Mayor mengatakan bahwa, kami dari pihak kepolisian ingin memastikan informasi yang beredar di media sosial bahwa Pdt. Yeremias Zanambani terkena tembak dan meninggal dunia.

Memang dalam beberapa hari belakang ini telah terjadi penembakan terhadap 2 anggota TNI yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata, dimana ke 2 anggota TNI gugur dan 2 warga sipil mengalami luka tembak dan satu luka sabetan parang yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Sehingga kami dari pihak keamanan ingin melakukan komunikasi dengan para tokoh agama untuk lebih berhati-hati dengan situasi yang saat ini terjadi.

Kami berhadap agar warga khususnya tokoh agama untuk tidak melakukan aktifitas diluar rumah apalagi pada malam hari mengingat intensitas kekerasan yang dilakukan oleh KKB beberapa hari ini meningkat. Kami berharap tidak ada lagi korban karena apa yang dilakukan oleh kelompok tersebut sudah tidak manusiawi dimana dalam ajaran agama tidak dibenarkan hambanya melakukan tindakan kekerasan sesamanya.

Kami dari pihak TNI/Polri saat ini sedang meningkatkan kegiatan kepolisian seperti melakukan patroli gabungan dalam rangka mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan bersama. Kami meminta dukungan dari seluruh warga sehingga kita dapat hidup dengan nyaman tanpa adanya gangguan gangguan dari kelompok-kelompok yang tidak menginginkan daerah kita ini aman, ini menjadi tanggungjawab kita bersama terutama para tokoh agama.

Penyampaian Pdt. Timotius Miagoni, beberapa waktu lalu saya mendapatkan kabar dari keluarga di Distrik Hitadipta melalui telepon bahwa Pdt. Yeremia Zanambani tertembak dan meninggal dunia.

Dari keterangan yang saya dengar saat itu Alm. bersama Istri ke kandang ternak (babi) untuk memberikan makan kemudian istrinya kembali ke rumah di kampung.

Kemudian sekitar pukul 19. 00 wit, korban tidak kembali ke rumah sehingga istri korban mencari ke kandang ternak yang berada di Kampung Bomba dan melihat korban sudah meninggal dunia.

Itu yang saya dengar. Karena saya belum ke Kampung tersebut sehingga saya tidak dapat berbicara lebih jauh lagi. Semoga kita semua dapat melakukan Langkah-langkah dalam meredam situasi yang terjadi beberapa hari ini di Kabupaten Sugapa.

Dalam retetan kasus tersebut telah jatuh korban baik itu dari anggota TNI dan Warga Sipil yang ada di Kabupaten Intan Jaya. Ini menjadi perhatian banyak pihak bahwa kasus kekerasan yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya merupakan kasus yang kekerasan yang tidak beradap yang dilakukan oleh KKB.

 (PS/RIADI)

Komentar Anda

Terkini: