Sebanyak 235.798 Jiwa Daftar Pemilih Sementara Labura

/ Sabtu, 19 September 2020 / 22.26.00 WIB
Ketua KPUD Labura Heriamsyah Simanjuntak SHi Saat Memberikan Keterangan Pers Terkait DPS Kepada Awak Media. PS/AOS.

POSKOTASUMATERA.COM - LABURA - Ada sebanyak 235.798 Jiwa yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), tersebar di 900 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 8 Kecamatan, 90 Desa dan Kelurahan yang akan melakukan Pemilihan pada saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 nanti.

Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labura Heriamsyah Simanjuntak SHi kepada Wartawan, saat menggelar Konfrensi Pers di Aula Kantor KPUD di Jalan Gazal Sinaga Aek Kanopan, Sabtu (19/9/2020).

Heriamsyah juga menjelaskan, sesuai dengan PKPU No. 5 Tahun 2020, ini adalah Tahapan Pengumuman dan Tanggapan Masyarakat terhadap DPS, terhitung mulai Tanggal 19 - 28 September 2020. 

"Dan Pengumuman ini sedang proses berjalan di Dua tempat, yaitu di Kantor Desa dan Kelurahan, serta di beberapa titik-titik lokasi TPS. Seperti tanggapan masyarakat berupa adanya Pemilih yang sudah memenuhi syarat, akan  tetapi belum terdaftar", jelasnya.

Dikatakannya lagi, adapun syarat dalam hal ini harus berumur 17 Tahun di waktu Pemilihan atau sudah pernah menikah walau belum berumur 17 Tahun, tetapi harus dapat dibuktikan dengan Dokumennya dan haruslah mempunyai Bukti Kependudukan dan KTP Rekaman.

"Sebab, adanya Pemilih yang tidak memenuhi syarat tapi masih terdaftar dan adanya Elemen Data Pemilih yang salah", ungkap Heriamsyah.

Heriamsyah menerangkan, untuk menerima tanggapan itu, masyarakatlah yang harus menyampaikan tanggapan tersebut dengan melampirkan Bukti yang autentik. Maka untuk melayani tanggapan itu, KPUD Labura harus menyediakan Posko di Kantor Desa maupun di Kelurahan hingga Tanggal  28 September mendatang.

"Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin memastikan dirinya apakah sudah terdaftar atau belum, KPUD Labura juga menyediakan tempat dan dapat menghubungi salah satu Website Resmi yang telah tersedia. Yaitu : lindungihakpilihmu.kpu.go.id", terang Heriamsyah.

Konferensi pers ini dihadiri 5 orang  Komisioner KPUD Labura antara lain, Heriamsyah Simanjuntak SHi,  James Ambarita, Syafru El Fauzi, Adi Susanto dan Habibullah.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang Komisioner KPUD Labura Syafru menambahkan, Data yang berkualitas akan berdampak pada hasil Pilkada yang berintegritas. 

Selanjutnya, sebut Syafru, KPUD Labura menargetkan 77,5%  tingkat partisipasi atau animo masyarakat untuk memilih pada Pilkada Desember mendatang.

"Dan seandainya berlebih target Kami, itu sudah sangat luar biasa dan Alhamdulillah",  ungkap Syafru. (PS/AOS).
Komentar Anda

Terkini: