Status Desa Tidak Jelas Di Kemendagri Sejumlah Tim Kunjungi Desa Padanglancat Sisoma

/ Senin, 07 September 2020 / 22.50.00 WIB
                       
POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Desa Padang Lancat Sisoma merupakan salah satu Desa di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, yang tidak  jelas statusnya di Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 2016 lalu sampai sekarang. 

Akibat dari ketidak jelasan status Desa ini di Kemendagri, sehingga berimbas tidak ada kucuran Dana Desa sejak tahun 2016 silam sampai sekarang.

Dengan demikian sejumlah tim yang tergabung dari, anggota DPRD Tapsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (PMD) Tapsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sumatera Utara dan Camat Batangtoru melakukan kunjungan ke Desa tersebut,  Senin,  (7/9).

Kades Padang Lancat Sisoma, Anton Marihot Sihombing dihadapan rombongan tim tersebut mengatakan, "Mulai dari  berdirinya Desa Padang Lancat sisoma hingga sekarang tidak pernah berubah statusnya dari Desa ke Kelurahan, makanya saya heran padahal status Desa kami ini terdaftar di Pemerintah  Provinsi Sumut sebagai Desa begitu di Pemkab Tapsel, kan aneh itu, "pungkas Anton Marihot. 

Lanjut kata Anton Marihot, segala upaya telah dilakukan termasuk Pemerintah  Kabupaten Tapanuli Selatan telah menerbitkan Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang rekomendasi wilayah bahwasanya seharusnya Desa Padang Lancat Sisoma bukan status Kelurahan tapi Desa, dan Perda tersebut sudah dikirim ke Pusat. 

Tak sampai hanya disitu," Selang beberapa tahun kita kembali menyurati Pihak Pemkab Tapsel, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Dalam Negeri namun sampai sekarang tidak ada juga hasilnya,"beber Anton Marihot. 
Tampak Sejumlah tim yang datang antara lain,  Anggota DPRD Tapsel, Roky Gultom, Nurhayati pane, Sekretaris Dinas PMD,  Maratinggi, kabid Pemdes Sucipto, Camat Batangtoru,  M Yamin Batubara, Kabid Dinas PMD sumatera Utara ,Tampubolon.

"Kalau sudah sepakat DPRD dan Bupati ini sudah sangat mudah, melalui Dinas PMD sumatera Utara, dalam waktu dekat kita akan menyurati Kemendagri bila perlu potong kompas berangkat langsung ke Jakarta menemui Dirjen di Kemendagri. Dan saya optimis ini akan terwujud karna Desa ini buka Desa baru," ucap Tampubolon Kabid PMD Sumut. 

Sementara itu Sekretaris Dinas PMD Tapsel, Maratinggi mengatakan, Semua lembaga punya harapan yg sama karena kita berbuat demi kemaslahatan ummat, dan di setujui bersama DPRD Tapsel Kabid dinas PMD Provinsi sumut dan Camat Batangtoru.

Beberapa Anggota DPRD Tapsel, seperti Eddi Sullam dan Mahmud Lubis melalui kontak seluler, juga ikut mendorong kunjungan tim ini dan karena tidak dapat hadir karena ada acara raker disipirok.

Marihot Anton Sihombing selaku Kepala Desa, atas nama masyarakat Desa Padang Lancat Sisoma, berharap agar status Desa ini di perjelas ke Pusat bahwa Desa Padang Lancat sisoma tetap menjadi Desa dan itu harga mati.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: