Tentang Pembatalan Haji, Dr H David Saragih MM : Hindari Fitnah Dan Hoax

/ Rabu, 16 September 2020 / 15.45.00 WIB

Poskotasumatera.com - Labuhanbatu - Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenagsu) Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag, MM mengapresiasi pelaksanaan Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Pemberangkatan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. Menurut Plt. Kakanwil Kemenagsu, acara ini sangat bermanfaat agar jemaah haji mendapat penjelasan yang valid dan detail terkait dengan dibatalkannya pelaksanaan haji tahun ini.

“Pelaksanaan diseminasi ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Tentu dengan berkumpulnya kita disini, mudah-mudahan bisa menjelaskan kepada kita semua apa alasan dibatalkannya keberangkatan haji dan bagaimana tindak lanjutnya pasca pembatalan tersebut,” ungkap Plt. Kakanwil Kemenagsu dihadapan seluruh peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang terdiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ormas Islam, Pimpinan KBIHU, Jamaah Haji yang gagal berangkat dan ASN Kemenag Kabupaten Labuhan Batu saat membuka acara diseminasi di Aula Sinurat Hotel Permata Land Rantau Prapat, Jumat (11/9).

Ia juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memberi masukan atau saran yang baik, apa yang bisa dan harus dilakukan sebagai tindak lanjut pasca pembatalan haji tersebut. Serta Beliau mengajak untuk dapat mendengarkan dengan khidmat apa yang disampaikan, agar tidak terjadi miskomunikasi sehingga terjadi fitnah di masyarakat.

“Diseminasi ini sebagai langkah menginformasikan kepada peserta sekalian perihal pembatalan haji ini. Mohon masukan dan sarannya serta pahami apa yang nanti disampaikan agar tidak terjadi fitnah di masyarakat tentang informasi yang tidak benar alias hoax,” tambah Plt. Kakanwil Kemenagsu.

Plt. Kakanwil Kemenagsu berterima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi VIII asal Sumatera Utara Marwan Dasopang yang telah mendukung pelaksanaan diseminasi ini. Kerja sama antara Kemenag RI dalam hal ini Kanwil Kemenagsu dengan DPR RI sangat penting dalam hal pembatalan haji ini. Terbukti dengan persetujuan DPR, Kementerian Agama bisa menyelenggarakan acara diseminasi tersebut.

Selain itu, usai kegiatan desiminasi dilanjutkan dengan dialog interaktif yang diikuti oleh organisasi masyarakat, kepemudaan, mahasiswa dan perwakilan masyarakat Rantauprapat. Kegiatan dialog interaktif ini diberikan nama JAMARA (Jagong masalah Haji dan Umroh). Dimana, narasumber pada dialog ini adalah Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI dari Fraksi PKB (Partai kebangkitan Bangsa) Drs Marwan Dasopang MSi, Prof H Nazwir, Dr H Muhammad David Saragih MM (Kakanwil Kemenagsu) beserta pejabat / kepala bidang Kantor wilayah Sumatera Utara Kementerian Agama.

JAMARA ini dilaksanakan dengan tema "Meningkatkan Integritas Pelayanan Haji dan Umrah, Menuju Penyelenggaraan Yang Profesional dan Berkualitas". (PS/Ricky)



Komentar Anda

Terkini: