Tersangka Pungli Tewas, Ini Keterangan AKBP Deni Kurniawan.

/ Senin, 28 September 2020 / 19.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - Labuhanbatu - RM salah satu daftar pencarian orang yang terduga sebagai tersangka pungutan liar tewas  usai dirobohkan seorang petugas gabungan dari Polres Labuhanbatu.

Tewasnya RM dikarenakan seorang petugas menembakan timah panas ke arah pahanya sampai tembus."RM sempat lari ke Siborong-borong usai merampas senjata dan menembak petugas yang hendak mengamankannya,"ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan pada paparan kasus di Mapolres Labuhanbatu Senin (28/9/2020).

Sebelumnya, petugas gabungan dari Polres Labuhanbatu dan jajarannya Polsek Kualuh Hulu sedang memburu RM. Mengetahui RM berada di Siborong - borong Kabupaten Tapanuli Utara, petugas gabungan langsung menuju dimana RM berada. 

"Berkoordinasi dengan Polres dan Polsek daerah dimana RM berada. Petugas langsung membekuk RM dilokasi persembunyiannya. Kemudian RM di introgasi dan langsung melakukan pengembangan untuk menjemput rekannya Awi pada Jumat (25/9/2020),"ujar Deni Kurniawan.

Sabtu, (26/9/2020) petugas gabungan menuju lokasi persembunyian rekannya Awi. Nasib tak terduga, RM malah melakukan perlawanan. Seorang petugas berpangkat Bripka dihantam benda keras oleh RM. Lalu, terjadilah perkelahian antara RM dan petugas. 

Sengitnya perkelahian tersebut, membuat RM hampir merampas senjata api yang dipegang petugas. Namun, tak sempat untuk kedua kalinya RM melakukan hal yang sama. Salah seorang petugas dari tim gabungan memberikan tembakan melumpuhkan dibagian pahanya.

"Saat berada di tempat persembunyian rekannya, RM memukulkan kepala Bripka Sumiadi Joko dengan benda keras dan terjadilah pergumulan. RM hendak merebut senjata petugas. Akhirnya, petugas melumpuhkan RM dengan menembak dibagian paha. Sebelumnya, petugas memberikan tembakan peringatan 3 kali," terang Deni Kurniawan.

Usai dilumpuhkan, petugas gabungan membawa RM dan seorang Bripka Sumiadi Joko ke rumah sakit terdekat di Aekanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sampai di rumah sakit, RM dinyatakan sudah tidak dapat ditolong lagi alias tewas. Sedangkan seorang petugas dari Polres Labuhanbatu mengalami luka robek dikepala sebelah kanan.

Dikisahkan singkat, RM merupakan terduga pelaku pungli terhadap supir truk yang melintas disekitaran Membangmuda, Labura. Saat digrebek, dia berhasil merampas senjata api personil Reskrim Polsek Kualuh dan menembakannya ke seorang petugas, Rabu (23/9) sekitar pukul 23.40 WIB.

Melihat kondisi seorang petugas memberikan pertolongan terhadap rekannya yang tertembak, RM langsung kabur sembari membawa senjata api milik polisi. Belakangan, dia tewas setelah ditembak pahanya ketika proses pengintaian rekannya. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: