Warga Desa Sibangkua Bangun Dek Penahan Tanah Untuk Cegah Erosi

/ Jumat, 18 September 2020 / 13.31.00 WIB
                            

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Warga Desa Sibangkua Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel memanfaatkan dana Bansos Tahun 2020 untuk  membangun Dek Penahan Tanah setinggi 6 Meter dan panjang  14 Meter.

“Dek Penahan Tanah dibangun untuk antisipasi tanah longsor karena saluran irigasi dijurang terjal,” kata Kepala Desa Sibangkua Muhammmad Iman Hutasuhut didampingi warga masyarakat disela sela memantau pembangunan dek penahan tanah untuk saluran irigasi  persawahan, baru baru ini. 

Disampaikannya, manfaat dibangunnya dek penahan tanah adalah agar saluran irigasi tidak longsor dan bisa  mengairi sawah lebih dari 50 hektar sawah di desa Sibangkua. “Pengerjaan proyek dana Bansos ini dikerjkaan secara swakelelola oleh warga masyarakat setempat. Selama ini saluran irigasi warga masyarakat hanya memanfaatkan drum bekas, karena sudah bekarat dan diyakini ketahannya tidak lama lagi maka warga masyarakat bermusyawarah untuk membangun  dek penahan tanah,” paparnya.

Menurut Kepala Desa Sibangkua, Ketua P3A Desa Sibangkua Sahdan Pohan  sangat serius dalam pengerjaan proyek pembangunan dek penahan tanah karena sangat banyak memberi manfaat bagi warga masyarakat. “Sahdan benar benar memanfaatkan dana Bansos sesuai aturan yang berlaku sehingga penggunaannya sangat tepat sasaran,” pujinya.

M Iman Hutasuhut langsung turun  menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah yang sudah merespon usulan masyarakat. Setelah selesai Pembangunan  proyek Dek penahan tanah saluran air sudah bisa mengalir dari atas dek penahan tanah. campuran semen sengaja dibuat keras agar lebih tahan dari bahaya erosi dan bisa dimanfaat masyarakat setempat.

“Kita berharap dalam Pembangunan dek penahan tanah ini cuaca mendukung agar pekerja bisa secara maksimal mengerjakan proyek dek penahan tanah ini tepat waktu,” katanya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: