Atasi Kelangkaan Darah di PMI, Calon TNI-AL Donor Darah di Lantamal I Belawan

/ Jumat, 23 Oktober 2020 / 20.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Untuk menanggulangi stock darah yang berkurang dan mulai menipis di saat pandemi Covid-19 di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) kota Medan, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan melaksanakan donor darah melalui para calon-calon prajurit TNI AL pria dan wanita di Markas Komando Lantamal I Belawan Jalan Serma Hanafiah no.1 Belawan hari Jumat (23/10/2020)

Pelaksanaan donor darah ini terlaksana berkat kerjasama Lantamal I dalam hal ini Dinas Kesehatan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Medan dengan jumlah peserta 180 orang yang merupakan calon-calon prajurit yang sedang melaksanakan seleksi masuk TNI AL.

Komandan Lantamal I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso mengatakan, untuk membantu masyarakat kota Medan yang sedang membutuhkan darah pada kondisi sakit di masa pandemi Covid-19 yang semakin berkurang di kantor Palang Merah Indonesia kota Medan maka Lantamal I Belawan tergerak untuk melaksanakan donor darah yang diikuti oleh calon-calon prajurit TNI AL pria dan wanita yang sedang melaksanakan test seleksi masuk TNI AL sekaligus pemeriksaan darah untuk kesehatan kejdua bagian penyakit dalam.

Pelaksanaan donor darah ini juga tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan.

"Donor darah ini menerapkan protokol. Petugasnya menggunakan pakaian khusus baju Hazmat sebagai alat pelindung," kata Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I Letkol Laut (K) Drg. Yeti Triatni, Sp.Ot.

Sementara itu salah satu peserta donor darah atas nama Phanny Namora Daulay saat diminta tanggapannya tentang pelaksanaan donor darah ini merasa senang dan bangga bisa berbuat sesuatu untuk membantu masyarakat kota Medan.

"Kami bangga membantu yang sangat membutuhkan darah untuk keperluan medis di saat pandemi Covid-19 memang sangat sulit," katanya.

Dijelaskannya, disamping membantu masyarakat  dengan donor darah juga dapat menjaga kesehatan sendiri supaya tetap bugar. (PS/SAMSUL B HASIBUAN)




Komentar Anda

Terkini: