Bulan Oktober Ini 169 desa Di Tapsel Sudah Cairkan DD Tahap Ketiga Tahun 2020.

/ Sabtu, 31 Oktober 2020 / 14.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Di bulan Oktober 2020 sudah 169 desa di Tapsel dana desa telah ditransfer ke rekening masing-masing dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) langsung.


Karena itulah, bagi Pemerintah Desa yang belum mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap ke empat,lima dan enam  dan selanjutnya diminta untuk segera menyalurkan pada masyarakat.

Demikian disampaikan Kadis PMD Tapsel Muhammad Yusuf Nasution melalui Kabid Pemdes di Padangsidimpuan Sabtu (31/10).

“Dana Desa sudah tersalurkan pertengah oktober 169 desa di Tapsel ke rekening Desa masing-masing dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) langsung. Oleh karena itu, saya minta agar BLT DD tahap empat,lima dan enam segera disalurkan,” terang Sucipto. 

Ia mengaku bahwa BLT DD tahap pertama, kedua dan ketiga telah seratus persen tersalurkan. Untuk tahap selanjutnya sudah 90 persen desa sudah. menyalurkannya. 

Disamping itu juga, Sucipto menghimbau pada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) hendaknya BLT DD dimanfaatkan untuk kepentingan yang menjadi skala prioritas.

” Gunakanlah BLT DD ini untuk kepentingan mendesak seperti kebutuhan sehari hari,”pungkasnya.

Seperti diketahuinya, semenjak sejak Pandemi Covid-19 Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membuat kebijakan pemberian BLT-DD selama enam bulan kepada warga kurang mampu yang harus dialokasikan melalui Dana Desa dengan ketentuan-ketentuan tertentu.

Untuk BLT-DD triwulan pertama yakni pada bulan April hingga Juni 2020. Setiap KPM menerima bantuan sekitar Rp 600ribu per bulan.

Kemudian, pada BLT-DD triwulan ke dua, tepatnya pada Juli hingga September 2020. Setiap KPM menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 300ribu per bulan.

Adapun data untuk pencairan di Kabupaten Tapsel, pada BLT-DD triwulan pertama telah 100 persen.

Untuk Kecamatan Marancar Dana Desa tahap ketiga sudah tersalur 100 persen, sedangkan untuk Kecamatan Tano Tombangan Angkola baru 9 Desa,  begitu untuk Kecamatan lainnya baru sebagian desa yang baru tersalur," ungkap Sucipto. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: