Bupati Launching Aplikasi Perkebbas Pada Resepsi HUT Dairi

/ Sabtu, 03 Oktober 2020 / 07.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu melakukan launching aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas) dalam acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73,Kamis (01/10 2020) di gedung Balai Budaya Sidikalang.  Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online merupakan terobosan baru yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

Bupati dalam sambutannya, Aplikasi Perkebbas sudah dapat digunakan oleh masyarakat Dairi mulai hari ini untuk mengurus penerbitan KK baru; penerbitan KK karena perubahan data; penerbitan KK karena hilang atau rusak; permohonan KTP; Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan. “Untuk ke 6 pelayanan administrasi kependudukan tersebut dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan. Pelayanan pencatatan sipil melalui aplikasi Perkebbas akan sangat membantu masyarakat, dimana ke depan pada saat masyarakat mendapatkan layanan persalinan di Rumah Sakit maupun di Puskesmas, akan langsung bisa diterbitkan Akte Lahir anak dan Perubahan Kartu Keluarga,” ujar Bupati.

Selain launching Aplikasi Perkebbas, juga melaunching website disperpusip.dairikab.go.id. milik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi. Dengan adanya website tersebut, Beliau berharap layanan perpustakaan dan kearsipan, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak di Kabupaten Dairi dapat ditingkatkan.

Beliau menuturkan diantaranya adalah Dinas Pertanian,  Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam mengelola dan mengatur distribusi pupuk bersubsidi, telah menerbitkan Kartu Tani yang bekerja sama dengan Bank BNI.

Hingga 28 September 2020, Kartu Tani telah tersalur sebanyak 25.565 kartu, dan terdapat 3 Kecamatan yang sudah terealisasi mendekati 100% sesuai dengan data E-RDKK Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Gunung Sitember dan Kecamatan Berampu.

Di sektor pendidikan, Pemkab.Dairi melakukan terobosan dengan memberikan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah. Fasilitas bus gratis tersebut dikatakan Beliau di peruntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum dimana anak-anak sekolah kesulitan dari rumah menuju sekolah.Fasilitas bus gratis kita harapkan akan terus bertambah dan saat ini kita telah mengajukan pengadaan bus sekolah gratis sebanyak 15 unit melalui Kementrian Perhubungan  dan kita harapkan akan terealisasi pada tahun 2021 mendatang,”.

Selanjutnya, Pemkab  telah mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai dalam setiap melakukan pembayaran. Salah satunya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara terkait pengembangan ekonomi daerah dan keuangan digital yang salah satunya adalah program QRIS (Quick Respon Code Indonesia Standard) yang menjadi aura baru bagi Indonesia dalam dunia transaksi keuangan. Penerapan QRIS telah dilaunching di Pasar Sidikalang yang bekerjasama dengan Bank BRI Cabang Sidikalang dan terdapat 92 orang pedagang di Pasar Sidikalang yang telah menggunakannya. “Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara yang hadir pada saat launching mengatakan fasilitas QRIS ini adalah yang pertama dilakukan oleh Kabupaten Dairi di Provinsi Sumatera Utara,” ucap Beliau.

Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S. Sos dalam kesempatan tersebut mewakili Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi menyampaikan kata sambutan pada acara resepsi hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 ditandai dengan pemotongan kue dan tumpeng oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu.Juga penyerahan Cinderamata berupa tenun Ulos Silahisabungan kepada Mantan Bupati dan Wakil Bupati Dairi, mantan Ketua DPRD Dairi serta mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi yang diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Dairi

Dilakukan penandatanganan komitmen menuju penanaman kopi 5.000 hektar dalam rangka pelaksanaan misi Agri Unggul Kabupaten Dairi serta pelepasan ekspor lobak hasil pertanian holtikultura ke luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S.Sos, Dandim 0206 Dairi Letkol. Adietya Y. Nurtono, SH, Kapolres Dairi AKBP. Ferio Sano Ginting, SIK, MH, Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SH, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Pimpinan BUMD.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: