Dairi Dalam Proses Pengusulan Program Food Estate

/ Rabu, 28 Oktober 2020 / 20.37.00 WIB

'Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu (tengah)".
POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Kabupaten Dairi dalam proses pengusulan Food Estate.Hal itu disampaikan Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu,Selasa (27/10/2020) ketika menghadiri acara kunjungan Presiden di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Presiden melakukan kunjungan dalam rangka meninjau lokasi lahan food estate yang akan dikembangkan menjadi salah satu dari beberapa wilayah lumbung pangan di wilayah Sumatera Utara.

Dalam kesempatan kunjungan rombongan Bapak Presiden Jokowi, Bupati Dairi Eddy Berutu membicarakan persiapan beberapa desa Kabupaten Dairi yang siap menjadi bagian dari program food estate nasional yang dicanangkan oleh Bapak Presiden ini.

Pembicaraan dilapangan Bupati Dairi saat kunjungan antara lain dengan Menteri Pertanian RI. Syahrul Yasin Limpo. Dalam pembicaraan itu Bupati Eddy Berutu menyampaikan lahan-lahan potensial di Kabupaten Dairi dan jenis komoditas pertaniannya yang akan diikutsertakan dalam proyek food estate ini. Dalam pembicaraan tersebut Menteri Pertanian didampingi oleh Dirjen Holtikultura Kementan Priharso Setyanto.

Bupati Dairi terlihat bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat di lokasi food estate Desa Si Ria Ria, serta di Cafe Piltik Coffe bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jendral TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen. Pol Martuani Sormin.

Untuk diketahui, korporasi petani akan menjadi basis dari pengembangan kawasan lumbung pangan (food estate) baru di sejumlah wilayah. Nantinya, pengembangan kawasan itu akan dilakukan secara terintegrasi mencakup proses pertanian, perkebunan atau peternakan dengan mekanisasi pertanian dan melakukan hilirisasi pasca panen untuk menghasilkan produk-produk olahan yang akan meningkatkan nilai tambah. “Kita akan terus memperjuangkan ini karena bila terealisasi akan banyak dampak manfaat kesejahteraan bagi masyarakat Dairi”, ujar Bupati Eddy Berutu seraya meminta dukungan doa dari masyarakat.  (PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: