Dalmas Polres Batubara Kendalikan Aksi Anarkis Para Pendemo

/ Rabu, 28 Oktober 2020 / 01.05.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Aksi anarkis para pendemo akhirnya bisa dikendalikan Satuan Pengendalian Massa (Dalmas) Polres Batubara. Dengan upaya sesuai Standar Operasional (SOP) para pendemo yang terdiri dari buruh dan mahasiswa akhirnya bisa dikendalikan ratusan personil polisi.

Demikian pantauan wartawan, Selasa (27/10/2020) dalam Simulasi Dalmas mengantisipasi keadaan darurat dalam mengatasi unjuk rasa yang digelar di halaman Mako Polres Batubara disela Apel yang dipimpin Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH.

Pelaksanaan simulasi dengan adegan para personil kepolisian Polres Batubara dan seluruh jajaran Polsek yang ada mengatasi unjuk rasa yang anarkis kepada DPRD Kabupaten Batubara oleh para mahasiswa dan buruh yang menuntut hak yang kesemuanya diperankan personil polisi.

AKBP Ikhwan Lubis dalam amanatnya mengatakan, Simulasi ini bertujuan untuk melatih satuan Dalmas Polres Batubara dalam mengantisipasi kejadian anarkis yang dilakukan oleh para pendemo di wilayah hukum. 

“Kita akan terus meningkatkan kesiagaan para personil untuk terus melakukan pelatihan Dalmas ini guna mengseimbangkan peningkatan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Batubara,” katanya. 

Dijelaskannya, ada 5 kategori disiplin yang masuk dalam simulasi Dalmas diantaranya, pemeriksaan dilakukan oleh tim swiping, pemberian arahan dilakukan oleh satuan Babinkamtibmas, Formasi tangan berkait Dalmas awal, Dalmas penangan huru-hara dan bantuan penyelamatan yang di lakukan tim medis. (PS/SAMSUL B HASIBUAN/ SAUFI)




Komentar Anda

Terkini: