Danlantamal I Belawan Sambut Kapal Latih Taruna AAL KRI Bima Suci Dalam Rangka Operasi Kartika Jala Krida

/ Sabtu, 24 Oktober 2020 / 17.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menyambut kedatangan KRI Bima Suci yang merupakan kapal latih taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam operasi Kartika Jala Krida (KJK) di dermaga Pelindo Belawan, Sabtu (24/10/2020)

Kapal latih taruna AAL KRI Bima Suci buatan galangan Naviles Freire Shipyard di Vigo Spanyol dan bergabung kedalam jajaran TNI AL pada tanggal 12 September 2017 dibawah Komando Armada II Surabaya. Spesifikasinya adalah tipe kapal Barque/bare dengan panjang 111,2 M dan lebar 13,65 M sedangkan bobot kapal 2.346 Ton dengan draf 6 M. Kecepatan mesin 12 knots kalau menggunakan layar kecepatan max 15  knots dengan layar berjumlah 26 buah dan kapasitas personel bisa mencapai 203 orang.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.tr.Hanla yang merupakan Komandan KRI Bima Suci yang ke 2.

Komandan Lantamal I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam keterangannya mengatakan, KRI Bima Suci ini sedang melaksanakan operasi Kartika Jala Krida taruna AAL tingkat III angkatan 67 melaksanakan latihan Teknik Pelayaran Muhibah keliling Indonesia. 


"Diawali dari pelabuhan Dermaga Koarmada II Surabaya pada tanggal 26 September 2020 kemudian ke Lampung - Padang - Sabang - Belawan - Tg. Uban - Ranai - Tarakan - Sorong - Tual - Kupang dan kembali ke Surabaya pada tanggal 2 Januari 2020," ujarnya.

"Taruna/taruni yang ikut berlayar bersama KRI Bima Suci berjumlah 85 orang terdiri dari taruna 75 dan taruni 10 orang, sedangkan putera/puteri yang berasal dari daerah Sumatera Utara ada 7 orang, yang akan mempraktekkan ilmu pelajaran yang sudah diterima selama ini dibangku kuliah pada saat mengikuti pelayaran dengan KRI Bima Suci," jabarnya lagi.

Dalam  acara penyambutan dilaksanakan kegiatan Welcome Ceremony dengan melakukan prosedur protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan melaksanakan rapid test, menggunakan masker, jaga jarak dan dianjurkan untuk selalu mencuci tangan.

Acara diawali dengan tarian selamat datang kemudian pengalungan bunga dan selendang Ulos khas batak yang diberikan oleh Danlantamal I kepada Dan KRI Bima Suci diikuti oleh pejabat Forkopimda Sumut ataupun yang mewakili kepada Palaklat dan perwakilan taruna/taruni. 

Demikian juga ikut memberikan selendang Ulos Danguskamla dan Seklem AAL kepada perwakilan taruna. Kemudian acara dilanjutkan dengan foto bersama, ships tour terbatas oleh pejabat Forkopimda atau yang mewakili dan diakhiri dengan doorstop oleh Komandan Lantamal I.

Hadir juga dalam acara penyambutan KRI Bima Suci di pelabuhan pelindo Belawan Danguskamla Armada I Laksma TNI Yayan Sofyan, S.T., M.M., Seklem AAL Laksma TNI Yosep Sunaryo, Waka Polda Sumut Brigjen Pol DR. Dadang Hartanto dan Pangdam I/BB diwakilkan Aster Kodam.

 Hadir juga Gubernur Sumut diwakilkan Kasatpol PP, Pangkosek Hanudnas diwakilkan Askomlek, Dirut Pelindo diwakilkan Direktur SDM, Kapolres Belawan, pejabat utama Lantamal I, para kadis/kasatker serta ibu-ibu Jalasenastri Korcab 1 DJA I. (PS/SAMSUL B LUBIS)




Komentar Anda

Terkini: