Kapolri Diminta Selidiki TPPU Aliran Dana Jaringan Narkoba Jimmy Sitorus Pane

/ Jumat, 09 Oktober 2020 / 15.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Himpunan Mahasiswa Alwashliyah (HIMMAH) Sumatera Utara, Abdul Razak Nasution meminta agar Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si agar memerintahkan jajarannya agar mengusut dan menelusuri aliran dana jaringan narkoba Jimmy Sitorus Pane CS, yang ditangkap Polrestabes Medan dengan barang bukti Narkoba jenis shabu sebanyak 18 kilogram di Jalan SM. Raja Medan dan mirisnya lagi Barang bukti Sabu juga ada ditemukan di Mess Pemko Tanjungbalai di Kota Medan.

"Kami HIMMAH Sumut minta polisi tidak berhenti sampai di sini dalam pengembangan kasus tersebut , bongkar aliran dana jaringan narkoba Jimmy Sitorus Pane Cs. Dari mana uang didapatnya untuk membeli sabu, dan untuk apa uang hasil penjualan sabu itu digunakannnya dan kepada siapa saja?,baik transferan masuk maupun pihak ditransfer ?," tegas Abdul Razak di Medan, Jum'at (9/10/20).

Dikatakannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai Yusmada diperiksa penyidik Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan, Kamis (8/10/20) malam. 

"Ia diperiksa selama empat jam bersama pejabat lainnya, Kabag Umum Pemkot Tanjungbalai Humaini Nasution. Polisi memanggil Yusmada untuk diminta keterangan soal tersangka Jimmy Sitorus Pane Cs yang kedapatan Jaringan Narkoba Internasional itu menyimpan barang bukti sabu di Mes Pemko Tanjungbalai, di Jalan Karya Jaya, Medan Johor,"sebut Razak mengutarakan setelah beberapa media merilis pemeriksaan Sekda dan Kabag umum Pemkot Tanjungbalai.

HIMMAH Sumut percaya, Kapolrestabes Medan,Kombes Riko bisa transparan menangani kasus narkoba Jaringan internasional,Jimmy Sitorus Pane Cs tersebut.

"Kami berharap, jika polisi kesulitan menelusuri aliran dana jaringan mafia narkoba tersebut, ada baiknya polisi meminta bantuan kepada PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) untuk membantu mengusut tuntas dan membongkarnya," jelas Ketua HIMMAH Sumut,Razak Nasution yang juga putra daerah Tanjungbalai.

Hal itu, lanjutnya, agar mengetahui untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang yang dilakukan mafia Narkoba jaringan internasional yang merupakan warga Kota Tanjungbalai yang berhasil telah diamankan tersebut.

"Menjadi pertanyaan kita,siapa Jimmy Sitorus Pane sebenarnya?,sehingga berani menyimpan narkoba di kamar sekda di Mess Pemko Tanjungbalai dan siapa yang telah memberikan izin?," ungkap Razak.

Abdul Razak Nasution,menambahkan inilah kejahatan extra ordinary sangat luar biasa , inilah kesempatan penyidik untuk membongkar hingga ke akarnya. "Saya rasa tidak sulit pihak Kepolisian untuk mengusut perkara ini ke TPPU,"ucapnya.(PS/TIM)
Komentar Anda

Terkini: