Kelurahan Terjun Siaga Covid 19, Dekan FKM USU Teken MoA dengan Camat Medan Marelan

/ Minggu, 18 Oktober 2020 / 01.57.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan dijadikan wilayah Siaga Covid 19 yang bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU). 

Hal ini ditandai dengan penandatangan Memorendum Of Agriment (MoA) antara Dekan FKS USU Dekan FKM USU, Prof Dr Dra Ida Yustina MSi dengan Camat Medan Marelan, Muhammd Yunus, Jumat (16/10/2020) di aula kelurahan Terjun Jalan Kapten Rahmad Budin Medan. 

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utata (USU) Medan memberikan penyuluhan tentang Kelurahan Siaga Covid-19 yang berlangsung di Aula Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat FKM USU, Destanul Aulia SKM MBA Mec PhD kepada poskotasumatera.com, mengatakan, materi model Kelurahan Siaga Covid-19 yang disampaikan dalam pelatihan yang diikuti sejumlah kader PKK dirancang untuk membudayakan masyarakat untuk dapat menghafapi bencana, diantara nya Covid-19.

Tim Pengabdian Masyarakat FKS USU yang diketuan Destanul Aulia dan Dr Rusmalawaty MKM, melakukan pemodelan kelurahan siaga Covid-19 dengan melibatkan forum siaga Covid-19 Kelurahan Terjun, diantaranya pendataan kesehatan warga, mencari faktor penyebab penularan Covid-19 dan potensi wilayah, musyawarah masyarakat, menyusun kegiatan dan prlaksanaannya serta keberlamgsungan kegiatan.

Dalam materi Kelurahan Siaga Covid-19 tersebut, Destanul Aulia juga menyampaikan tentang Perilaku Hidup Sehat dan Sehat (PHBS) sebagai bentuk penguatan kapasitas anak dan keluarga, Cuci Tangsn Pakai Sabun (CTPD) dan kelestarian lingkungan serta cara membuat sanitizer.

Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus didampingi Lurah Terjun, Fajar Hamdi mengatakan, materi kegiatan yang disampaikan Tim Pengabdian Masyarakat FKM USU sebagai kegiatan positif dan para peserta yang merupakan kader kelurahan dapat menerapkan kembali pembelajaran yang diperoleh kepada masyarakat umum.

Sebelumnya Dekan FKS USU Dekan FKM USU, Prof Dr Dra Ida Yustina MSi menandatadangani MoU dengan Camat Medan Marelan, Muhammd Yunus terkait pelatihan dan penyuluhan Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Terjun. 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh Kepala Puskesmas Marelan dr Tissa Hasibuan yang menyampaikan berbagai dilema saat melaksanakan pencegahan penularan virus corona. Dia mengaku, selalu mendapat penolakan dari warga hingga harus bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Babinsa Koramil 10 ML. 

Hadir juga dalam acara Ketua LPM Terjun Irfandi, Babinsa Ramil Terjun Sertu Heri Wahyudi dan para kader Posyandu dan PKK Kelurahan Terjun. (PS/DIAN WAHYUDI)



 

Komentar Anda

Terkini: