GEKRINDO Sumut Membutuhkan Dukungan Pemerintah Untuk Kegiatan Pengelolaan Limbah Masyarakat

/ Minggu, 04 Oktober 2020 / 21.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN- Limbah masyarakat merupakan persoalan yang menjadi problem Pemerintah saat sekarang ini. Dimana setiap harinya puluhan ton sampah yang dihasilkan masyarakat perlu suatu terobosan dalam mengelolanya agar tidak menimbulkan dampak bagi masyarakat tentunya.

Dalam hal ini DPW GEKRINDO Sumut lewat salah satu kelompok binaannya yaitu Pondok Magot Marelan, telah melakukan kegiatan untuk mengolah limbah masyarakat di seputaran Marelan. Limbah yang masuk ke tempat penampungan kita salah satunya limbah organik. Untuk itu GEKRINDO Sumut membutuhkan dukungan dari Pemerintah untuk kegiatan pengelolan limbah masyarakat tersebut.

Syahril (Aen) panggilan sehari-harinya, merupakan Sekretaris dari Kelompok Pondok Magot Marelan. Kepada wartawan, Minggu (04/10/2020) mengatakan, bahwa kelompok ini mengolah limbah dari masyarakat sekitaran Kecamatan Medan Marelan. Limbah tersebut kita ambil dari rumah-rumah masyarakat dan kemudian kita olah di lokasi ini.

"Limbah dari masyarakat kita ambil langsung kerumah-rumah, kemudian kita olah di tempat penampungan ini," ujar Aen.


Dian Wahyudi sebagai Ketua DPW GEKRINDO Sumut menyampaikan, Pihaknya dan Kelompok Pondok Magot Marelan berupaya mendukung kerja berat pemerintah dalam mengatasi limbah dari masyarakat yang setiap hari terus ada, dengan kegiatan yang sedang kita lakukan ini harapannya bisa membantu persoalan limbah yang menjadi problem saat ini.

"Selain itu kami butuh support dari Pemerintah baik Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota untuk ikut mengambil peran dalam hal membantu kegiatan oleh kelompok binaan kami ini," tambah Dian.

Bendahara DPW GEKRINDO Sumut Hafifuddin menjelaskan, dari pengolahan limbah ini menghasilkan, Magot (Belatung), Kasgot (Pupuk Organik), Pupuk cair dan Bio Gas. Kesemua itu dapat dimanfaatkan oleh para Petani dan pembudi daya ikan dan udang. 


"Sudah kita buktikan petani yang kita berikan kasgot (Pupuk Organik) dan pupuk organik cair hasil tanamannya jauh lebih bagus dari menggunakan pupuk kimia. Begitu juga saat digunakan di kolam-ikan. Tentunya penggunaan pupuk organik ini lebih ramah lingkungan," kata Hafifuddin.

Hafifuddin yang juga Ketua PAC Demokrat Kecamatan Medan Marelan mengatakan kegiatan kelompok ini pada hari Kamis, (08/10/2020) akan dikunjungi oleh salah satu Calon Walikota Medan yaitu Ir.H.Akhyar Nasution M,Si. Karena kegiatan yang kita lakukan ini sejalan dengan program yang telah dilakukan Bang Akhyar semasa menjabat Walikota kemarin.(PS/DIAN)

Komentar Anda

Terkini: