Rumah Kreasi Akan Dibangun Di PIS Samosir

/ Senin, 12 Oktober 2020 / 10.04.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Untuk tahun 2021 mendatang, Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomomi Kreatif akan membangun Kreatif Hub atau Rumah Kreasi untuk Komunitas Kopi Samosir. Lokasinyapun ditetapkan di pantai Indah Situngkir (PIS). 

Rumah kreasi itu menjadi salah satu penunjang peningkatan pariwisata Samosir. Selain gedung yang direncanakan megah dan berlantai dua, disana juga akan dibangun fasilitas lainya. Mulai dari proses penanaman sampai ke Produksi. Artinya disitulah diproses mulai dari Hulu sampai ke Hilir.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Samosir, Rudi Siahaan, Senin (12/10) Kepada Poskotasumatera. "Tanggal 25 September 2020 kemarin, Tim dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang di pimpin langsung oleh Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, ibu Selliane Halia Ishak, sudah turun ke Samosir sekaligus survei lokasi". 

Untuk sektor Hulu sebagai Lokasi Kebun Kopi percontohan akan dibangun di Sigulatti, Sedangkan untuk Hilir menjadi Rumah Proses Produksi dan Pemasaran dipusatkan Pantai Indah Situngkir.

Selain itu kata Rudi, disekitara lokasi rumah kreatif itu juga nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas lainya untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat, sekaligus menjadi penunjang pariwisata Samosir khususnya Pantai Indah Situngkir. 

Ketika ditanya terkait foto bersama dengan gerak jari tangan tiga jari yang seakan mendukung pasangan Calon Bupati Samosir nomor urut 3, Rapidin Simbolon - Juang Sinaga (RapBerjuang), kata Rudi tidak ada hubungannya.  

"Lambang itu adalah Simbol Ekonomi Kreatif. Kalau di Badan Ekonomi Kreatif RI, logo itu tidaklah asing lagi, yang mengartikan (K=Kreatif)". Sembari berharap agar jangan semuanya dikait kaitkan ke politik. 

Pada foto bersama itu kan ada ibu Selliane Halia, sebagai Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian. Maka terlalau jauh kalau dikaitkan ke Pilkada Samosir. Jelasnya. (PS/PL).
Komentar Anda

Terkini: