Tingkatkan PAD, Pemdes Sibulele Tahun 2021 Akan Kelola Jaringan WIFI Dan Wisata Kuliner.

/ Sabtu, 10 Oktober 2020 / 14.25.00 WIB

                    

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Tingkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui jaringan Wifi desa Pemdes Sibulele berencana akan menjual paket internet Tahun 2021. Karena di desa Sibulele Muara Kecamatan Batangangkola susah mendapatkan jaringan internet.


Disampaikan Kepala Desa Sibulele Muara Gojali Siregar kepada awak media online Sabtu (10/10).

Disampaikan, "untuk Tahun 2021 pihak Pemdes akan menganggap pendirian Menara Jaringan internet sebesar Rp 60.000.000 (enam puluh juta). Jadi setah berdiri Pemdes Sibulele akan mengangkap operator yang sudah mapan, sehi ngga bila masyarakat yang butuh jaringan internet cukup memberikan paswodnya, dan setiap warga masyarakat yang membutuhkan jaringan internet dibayar Rp2000.-.

Lebih lanjut disampaikan Kades, di desa kita yang menggunakan HP android sudah ada sekitar 100 orang, jika yang membutuhkan paket internet sebanyak 50 orang saja perhari, maka pengasilan Desa dari jaringan internet yaitu 50 X 2000 = Rp 100.000, (Seratus ribu) setiap hari. Jika dihitung pengjasilan satu bulan yaitu Rp 3000.000 (tiga juta rupiah).

Hasilnya nanti akan dimasukkan ke kas desa, "beber Gojali. 

Sementara untuk wisata kuliner, pemdes Subulele Muara akan membangunkan Warung di atas kolam Ikan, dan siapkan Ikan mas panggang, Soto, dan Hidangan makanan lainnya yang dikelola oleh PKK Desa, "ujar Kades. 

Karena menurut perkiraan Kepala Desa di Tahun 2022 dana desa akan dihapus, dan jika Pemdes tidak ada menemukan inovasi baru di Desa maka desa akan memperbarui inovasi dari desa lainnya, "tambah Gojali. 

Lebih lanjut ditambahlan kades, kita bisa melihat desa Di Jawa Tengah tiga tahun yang lewat desa tertinggal, sekarang sudah menjadi desa maju yang mempunyai PAD Rp 2 Milyard.Pemdes Mobil Dinas 3 Unit 

Konsep desa ini yang harus kami contoh untuk tingkatkan PAD Desa, ungkap Kades. (PS / BERMAWI) 
 
Komentar Anda

Terkini: