Wawako Arwin Siregar Buka Pagelaran Lintas Etnis Sidimpuan

/ Kamis, 29 Oktober 2020 / 15.03.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar,MM membuka acara pagelaran lintas etnis Padangsidimpuan bertempat di kebun Agro Wisata Batang Bahal Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Rabu  (28/10). 


Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar,MM dalam arahan mengharapkan dengan diselenggarakannya acara tersebut kiranya
dapat menambah kecintaan terhadap seni dan budaya di kota Padangsidimpuan
yang beragam etnis nya, memupuk rasa persatuan dan kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara.

" Dengan acara ini, mengingatkan kita bahwa Padangsidimpuan adalah 
Kota Budaya dengan berbagai macam etnis yang perlu kita lestarikan bersama
agar tidak punah di telan zaman yang telah di dominasi oleh teknologi Modern
dan Digital."Ujar Arwin.

Arwin berharap kegiatan itu dapat terus dilaksanakan guna memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai seni dan budaya khas daerah, terpelihara dan terjaga kelestariannya.

Tidak lupa Wakil Walikota juga berpesan agar semua hadirin dan peserta harus tetap menerapkan Protokol 
Kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama. 

Sementara Ketua DPRD Siwan Siswanto dalam sambutannya mengatakan, keberagaman suku dan budaya yang ada di kota Padangsidempuan merupakan bukti bangsa yang besar. " Keberagaman ini harus terus dirawat dan dipelihara dan dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia."ujarnya.

Selanjutnya, Siwan berharap agar pagelaran itu  dapat menjadi ajang untuk menambah pengetahuan dan memahami nilai nilai budaya secara baik khususnya bagi kalangan pencinta seni budaya dan sarana promosi daerah.

Pagelaran yang di inisiasi Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Parawisata Kota Padangsidimpuan. 

Pembukaan ditandai dengan tabuhan gordang sambilan sebagai simbol dimulainya 
Pagelaran Seni Budaya Lintas Etnis Kota Padangsidimpuan Tahun 2020 yang di ikuti etnis Batak Angkola,  Mandailing, Simalungun dan etnis Minang.

Sebelumnya Plt Kadis Pariwisata Mei Jenni, S.Sos, MM mengatakan Pagelaran seni budaya lintas etnis kota Padangsidimpuan tahun 2020 merupakan bagian dari integral pembangunan dunia pariwisata pelestarian nilai nilai seni dan budaya daerah.

Pementasan atau atraksi budaya daerah yang bertujuan melestarikan dan sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan para generasi muda mudi untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan karya seni budaya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah M Jusar Nasution, Asisten I Setdakot Iswan Nagabe, Asisten II Rahuddin Harahap, Wakil Ketua TP PKK, OPD, dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: