Ardi Dongoran Desak Pemkab Tapanuli Selatan Rebut Food Estate Untuk Ketahanan Pangan Tabagsel

/ Minggu, 01 November 2020 / 21.15.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Demi terwujudnya ketahanan pangan nasional, Presiden Joko Widodo baru saja memberi tugas khusus untuk tiga kementerian, yakni Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian BUMN

Informasi yang dihimpun awak media  Menteri Pertanian pada 29 Juni 2020 lalu, mengundang Bupati Humbang Hasundutan ke jakarta dalam agenda Pembahasan rencana pengembangan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan

Menyikapi isu penting ini, Ardi Dongoran sebagai Divisi Program, Tapanuli Untuk Air dan Sanitasi (TUNAS) Tapanuli Selatan harus jemput bola program food estate, mengingat luas lahan basah di Tapsel cukup tinggi dan daerah ini dikenal agropolitan,” Ujar Ardi kepada awak media baru baru ini. 


Ia mengatakan laju penyusutan lahan tiap tahun semakin tinggi, seiring dengan itu peningkatan jumlah penduduk yang meningkat tentu berdampak terhadap kebutuhan pangan yang tinggi pula

“Strategi penataan ruang wilayah didalam dokumen RTRW Tapsel, jelas difokuskan pada peningkatan produktifitas pertanian dan SDA yang berkelanjutan berbasis komoditas unggulan. Fokus ketahanan Tapsel harus terukur,” tegasnya.


Ardi membandingkan luas lahan yang dipersiapkan Humbahas seluas 4.500 hektar dalam mendukung program food estate, berbasis korporasi hortikultura, kata Ardi Dongoran.

“Pengembangan Luas lahan di Tapsel harus berbasis unggulan. Kedepan, Tapsel diharapkan mampu menyuplai kebutuhan pangan untuk wilayah Tabagsel, semua itu bisa terpenuhi dengan perencanaan berbasis data, kajian dan pemetaan yang baik,” tutupnya.


Seperti diketahui, Food Agriculture Organization (FAO) Badan yang mengurusi ketahanan pangan telah memprediksi ancaman krisis pangan di dunia akibat dari dampak pandemi Covid-19.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: