Bupati Dairi Bagikan Kursi Roda Dan Tongkat Kepada Penyandang Disabilitas

/ Kamis, 12 November 2020 / 14.56.00 WIB

POSKOTASUMATERA.CUM-DAIRI – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu membagikan alat bantu berupa kursi roda dan tongkat bagi para penyandang disabilitas pada Rabu (11/11/2020) di kantor Dinas Sosial Kabupaten Dairi. Pembagian kursi roda dan tongkat tersebut turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi Drs. Parulian Sihombing para Camat se-Kabupaten Dairi dan Ketua DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kabupaten Dairi Asmen Sihotang.

Dalam arahan Bupati mengatakan hingga saat ini kelompok penyandang disabilitas sadar atau tidak sadar masih dikesampingkan dalam desain dan implementasi pembangunan. Penyandang disabilitas cenderung menjadi kelompok masyarakat dengan kerentanan yang tinggi untuk tereksklusi dalam pembangunan.

“Terpinggirkan, tidak ikut. Mereka tidak hanya tereksklusi untuk menikmati hasil dari pembangunan, tapi juga tidak mendapat kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Hal ini yang akan menjadi perhatian kita,” ucap Bupati

Saat ini di RSUD Sidikalang telah tersedia fasilitas khusus untuk para penyandang disabilitas seperti di toilet sehingga para penyandang disabilitas dapat melakukan aktifitas secara mandiri. “Itu menunjukkan kemartabatan kita dan keberpihakan kita kepada saudara saudara kita sehingga mereka juga bisa mandiri,” jelas Beliau.

Dipaparkan lagi, melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, telah digariskan penciptaan pembangunan yang inklusif (merangkul semuanya, tidak memisah misahkan) bagi penyandang disabilitas. “Yang dalam artian semua memperoleh kesempatan yang sama termasuk penyandang disabilitas sebagai pelaku dan penerima manfaat pembangunan yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi ketidakmerataan yang terjadi saat ini,” terang Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut bahwa beberapa program yang sudah direncanakan untuk pembangunan di Kabupaten Dairi tertunda pelaksanaannya karena masa pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

“Pemerintah pusat mengalihkan sebagian anggarannya untuk penanganan covid 19 sehingga program pembangunan yang sudah kita rencanakan di Kabupaten Dairi harus tertunda,” terang Beliau.

Namun, Eddy Berutu menyampaikan bahwa dalam masa pandemi covid 19 ini, Kabupaten Dairi menjadi salah satu dari 33 Kabupaten di Sumatera Utara yang mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, yakni mendapatkan Dana Insentif Daerah sekitar Rp. 9 Milyar yang akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Dairi.

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi juga menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yakni  penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LDKP) untuk 6 kali berturut-turut dan hanya ada 2 daerah di Sumatera Utara yang mendapat penghargaan tersebut salah satunya adalah Kabupaten Dairi.

“Ini membuktikan bahwa kita mampu dan kita bisa untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mewujudkan Dairi yang Unggul,” kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Diakhir arahannya, kepada para penyandang disabilitas yang hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap akan dukungan agar dapat memimpin Kabupaten Dairi untuk menjalankan segala program pembangunan yang telah direncanakan untuk Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Ketua DPC PPDI Kabupaten Dairi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan seluruh jajarannya karena telah memberikan perhatian kepada warganya penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi. “Kami bukan tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri. Kami semua pekerja keras, kami mempunyai usaha baik itu dibidang elektronik, menjahit ataupun dibidang lainnya. Kami tetap berharap akan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Dairi agar kami tetap diawasi baik itu dukungan moral maupun material agar kami lebih mandiri lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi dalam laporannya mengatakan untuk jumlah alat bantu yang diserahkan sebanyak 30 unit berupa kursi roda maupun tongkat dimana penerima alat bantu tersebut terdapat sebanyak 2 orang per Kecamatan se-Kabupaten Dairi dengan rincian satu orang penerima kursi roda dan satu orang penerima tongkat.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: