Bupati Karo Harapkan Pasca Musibah Kebakaran Pajak Berastagi, Ekonomi Masyarakat Segera Membaik.

/ Kamis, 19 November 2020 / 23.04.00 WIB

 




POSKOTASUMATERA.COM. KARO - Pasca kebakaran pajak tingkat tradisional Berastagi, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH melakukan keliling sekitar pajak Berastagi, pada Rabu ( 18/11/2020) hal ini di lakukan  guna memastikan kegiatan jual beli oleh pedagang yang lainnya sudah normal kembali, selain dari  terdampak kebakaran. 

" pemantauan ini sekalian , meyakinkan agar aktifitas perekonomian sudah berjalan berangsur  normal, artinya masayrakat sudah dapat bertransaksi kembali dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga" Ujar  Bupati.

Setelah berkeliling, Terkelin Brahmana didampingi ketua DPRD Karo Iriani, Kadis koperindag Edison Karo Karo,Kakan satpol PP Hendrik Philemon Tarigan, kembali mengajak  dialog bersama 535 orang  atau  perwakilan para pedagang, di kantor UPT pajak berastagi, guna menampung aspirasi, saran dan usul. 

" Yang mana pada intinya, kami pihak pemerintah, tidak ada ingin rakyat menderita pada saat mengalami kesulitan, untuk itu saya meminta pedagang 535 orang semuanya harus kompak , Situasional inilah, pemkab karo selalu berupaya menerobos ke kementerian dinas sosial, agar pihak pemerintah pusat dapat membantu kesulitan para pedagang. Hal ini kata Terkelin sudah menandatangani surat pengajuan hari ini yang  terdampak kebakaran 535 dan 8 ruko milik warga agar dibantu dari pihak kemensos. Tuturnya 

Mewakili dari pihak  pedagang 535 orang  , Polin Sihombing menyampaikan beberapa  usulan kepada pihak pemkab agar  pembangunan TPS (tempat penampungan sementara) dipajak lama  gang merek supaya ditunda saja, alasan lokasi ini  sepi dan pembeli tidak ada. Kedua, jika TPS dibangun, rencana pedagang sepakat jika direalisasikan dibangun diterminal Beratagi, dan para pedagang berharap agar terminal dipindahkan ke pajak lama gang merek, Berastagi. 

Senada dikemukakan oleh pedagang kios Ngawal Tarigan dengan meminta pemkab karo, dalam pembagian TPS jika selesai dibangun, harus diberikan kepada pedagang per/satu TPS  saja. Perlu diketahui bahwa pedagang yang terdampak kebakaran berjumlah 535 orang, ada yang memiliki  kios lebih dari satu kios. jadi ini harus menjadi perhatian. Pintanya 

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, saat mendengar usulan perwakilan pedagang 535 orang, langsung menjawab, akan  mengusulkan permintaan pedagang   bersama pihak  OPD ,  Polri/TNI guna Keputusan yang baik. 

Menyikapi usulan dan permintaan perwakilan para pedagang 535 orang, Kadis koperindag Edison Karo Karo menjelaskan, pada prinsip pihaknya akan menjalankan sesuai aturan yang ada. "sepengetahuan saya, tidak ada satu orang akan mendapatkan TPS lebih dari satu, walaupun kios mereka lebih dari satu, Ini sesuai data yang kami miliki jumlah terdata  535 orang pedagang akan mengerucut menjadi 415 orang, jadi ini yang akan kita berikan satu orang satu tps" Ucap edison ( PS/ BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: