Debat Pertama: Akhyar Menguasai Substansi, Bobby Bingung Sampaikan Visi Misi

/ Sabtu, 07 November 2020 / 18.57.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN- Debat kandidat tahap pertama calon Walikota dan Wakil Walikota Medan telah berlangsung Sabtu siang, 7 November 2020 yang disiarkan langsung  INews TV.  Sejumlah pengamat menilai debat tersebut  menjadi milik pasangan nomor 1 Akhyar-Salman.  Sementara pasangan Bobby – Aulia terlihat kelabakan sejak awal. 

Saat dialog sesi pertama saja,  Akhyar  dan Salman begitu lugas  menyampaikan  visi misi selama tiga menit. Tapi giliran Bobby dan Aulia  yang diberi kesempatan,  mereka kebingungan menyampaikan  visi misinya. Yang terjadi, keduanya menyerang soal jalan raya dan program pemerintah kota Medan. 

Bobby dengan lantas menuding  Medan adalah kota metropolitan semu.


"Medan menjadi kota metropolitan semu," kata Bobby dalam debat publik perdana Pilkada Medan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu. 


Pernyataan Bobby itu  membuat banyak warga yang menonton bingung melihat sikap  mereka.  “Diminta menyampaikan visi misi, tapi kok  dia menyampaikan hal lain yang tidak relevan dengan pertanyaan. Jadi visi misinya tidak jelas,” kata Amiruddin, seorang pengusaha yang menonton acara tersebut melalui livestream.


Bobby juga terlihat begitu bersemangat menyampaikan kritik soal minimnya UMKM di Medan yang menerapkan digitalisasi  dalam system marketingnya.  Menurut Bobby, di era pandemi Covid ini, banyak sekali UKM dan UMKM yang tiarap, sehingga sistem marketing digital sangat dibutuhkan.


“Di Kota Medan hari ini,  terutama sektor UMKM,  belum ada digitalisasi," ujar Bobby.


Akhyar langsung menampik tuduhan itu. “Saya sudah melakukan pengecekan di lapangan, bertemu  sejumlah UMKM yang membuat masker contohnya. Saya ingin membeli masker  buatan mereka, tapi mereka tidak bisa  menjualnya kepada saya,  karena semua produk mereka sudah laku. Pembelinya ada dari luar Sumut. Lalu saya tanya, bagaimana menjualnya kok sampai dibeli orang dari luar Sumut? Mereka bilang kalau penjualannya sudah menggunakan system online,” kata Akhyar.


Fakta-fakta itu, kata Akhyar membuktikan kalau sektor UMKM di Medan sudah melek dengan digital. Bahkan sekarang ini sudah ada jasa menyediakan kebutuhan rumah tangga, seperti bahan-bahan  masakan secara online, seperti start-up Raja Sayur. 


“Makanya kalau UMKM di Medan dikatakan belum menerapkan system  digital, itu salah besar,” tegasnya. Akhyar yakin, ke depan usaha berbasis digital di Medan akan semakin berkembang.


Begitu juga saya Akhyar dan Salman bertanya soal pandangan Bobby-Aulia mengenai Undang-Undang Cipta atau Omnibus law yang mengancam kewenangan pemerintah daerah karena diambil oleh pusat. Pertanyaan itu tidak mau dijawab Bobby dan Aulia dengan tegas.


Menantu Presiden Jokowi itu hanya mengatakan bahwa Medan merupakan bagian dari NKRI. “Oleh karena itu, Pemkot Medan pun perlu sejalan dengan pemerintah pusat,” ujarnya.


Pakar komunitas politik Universtas Sumatera Utara (USU)  Dr H Syakhyan Asmara MSP menilai, debat itu masih bersifat pemanasan. Hanya saja menurutnya, pasangan nomor Akhyar-Salman lebih menguasai substansi sehingga mampu menawarkan gagasan yang konkrit dan solutif.


Sementara untuk pasangan Bobby dan Aulia  lebih banyak mengulas hal-hal yang sifatnya makro tanpa didukung data yang kuat. “Mungkin kalau debat ke depan, Bobby dan Aulia perlu menguasai data yang lengkap. Kalau hanya sekedar wacana, mereka akan kalah dengan Akhyar Nasution yang lebih menguasai lapangan,” kata Syakhyan. 


Debat tahap kedua akan berlangsung 21 November mendatang, sedangkan debat ketiga pada 5 Desember 2020. (PS/DIANWAHYUDI)

Komentar Anda

Terkini: