Dinas Pertanian Tapsel, PT Pertani dan PT Petrokimia Gresik Bina Petani Untuk Tingkatkan Produksi Hasil Panen

/ Jumat, 20 November 2020 / 19.21.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Dalam rangka mendukung program swasembada beras, Dinas Pertanian Tapanuli Selatan,  PT Pertani (Persero) dan PT Petrokimia Gresik bina petani untuk tingkatkan produksi padi sawah di Kecamatan Angkola Muaratais, Kab.Tapanuli Selatan (Tapsel).


“Pembinaannya dengan melakukan pendampingan mulai dari penanaman hingga panen,” kata Kepala Unit PT. Pertani UP P.Sidimpuan, Beny Dristiawan, saat panen perdana tanaman padi variates Mekongga di Desa Sipangko, Kec. Angkola Muaratais, Tapsel, Jumat (20/11).

Dijelaskan, tanaman padi sawah yang dipanen tersebut merupakan hasil Demontration Plot (Demplot) PT. Pertani bekerjasama dengan PT Petro Kimia Gresik, Dinas Pertanian Tapsel, Penyuluh Pertanian dan petani yang tergabung dalam kelompok tani Suka Mulia.

 
Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam meningkatkan produksi petani, lanjut Beny, selain pola tanam dan pemilihan benih yang tepat, petani juga harus mengikuti petunjuk mulai dari penyiapan lahan hingga pemeliharaan sampai panen.

 
Benih padi variates Mekongga yang masuk kategori IR64 dengan umur 102 hari, ungkapnya, memiliki kelebihan dibanding variates lainnya yakni potensi benih tumbuh sekira 85 persen dan gabahnya tidak mudah patah serta lebih padat sehingga lebih menguntungkan.

 
“Untuk luas lahan satu hektar hanya dibutuhkan benih padi variates Mekongga sekira 25 kg dan berdasarkan hasil Demplot yang telah dihitung Badan Pusat Statistik (BPS) dari dua sample yang diambil mencapai 8,7 ton/ha. Jika perawatannya dimaksimalkan, hasilnya akan lebih baik”, ungkapnya.

 
Bayu Aji U Rido dari PT. Petrokimia Gresik menjelaskan, pupuk yang digunakan untuk tanaman padi variates Mekongga seluas satu hektar terdiri dari Petroganik 500 kg, Phonska Plus 300 kg, Urea 200 kg dan Procal 24 kg.

Komposisi pemupukan tersebut, tuturnya, tentunya disesuaikan dengan kondisi tanah agar terpenuhi keseimbangan zat yang dibutuhkan padi mulai dari penamaman agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Kadis Pertanian Kabulaten Tapanuli Selatan melalui Kepala Cabang Dinas Pertanian Angkola Muaratais Erwin, SP menegaskan, pembinaan yang dilakukan PT. Pertani dan PT. Petrokimia Gresik melalui Demplot menjadi motivasi dan pencerahan bagi petani untuk selektif menggunakan benih unggul dan pola pemeliharaan yang baik.

 
“Jika petani mau mengikuti saran dan petunjuk dari PT. Pertani dan PT. Petrokimia Gresik, saya yakin panen padi akan meningkat sehingga program pemerintah dalam mewujudkan swasembada beras dapat terwujud,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Suka Mulia Desa Sipangko, Angkola Muaratais, Zainul Asran Harahap mengucapkan terima kasih pada PT. Pertani dan PT. Petrokimia Gresik yang telah melakukan pembinaan terhadap petani. ”Kami berharap program ini terus dilanjutkan,” harapnya.(PS/BERMAWI).
Komentar Anda

Terkini: