DPRD Samosir Pelajari Pengelolaan Samapah Di Padang

/ Jumat, 13 November 2020 / 19.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Untuk belajar dan melihat tatacara pengelolaan sampaih, Komisi III DPRD Kabupaten Samosir melakukan kunjungan kerja ke Kota Pariaman Padang, Sumatera Barat, Rabu (12/11). 

Kunjungan Legislator Kabupaten Samosir itu disambut oleh Dian, selaju Sekretaris Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, bersama Lurah Jawi-jawi, Ketua LPM Jawi-jawi dan Ketua Bank Sampah Tunas Muda. 

Ketua Komisi III DPRD Samosir, Jonner Simbolon, kepada Sekdis Perkim menyampaikan kunjungan kerja mereka untuk melihat pengelolaan sampah, serta pemberdayaan masyarakatnya pada pengelolaannya khususnya sampah rumah tangga. 

Selain itu juga kata Jonner, langkah langkah dan kebijakan yang dibuat Pemerintah Daerah dalam pengolahan sampah yang baik dan benar. Sehingga sampah dapat berfungsi kembali. 

Serkretaris Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup, Dian menjelaskan bahwa akibat keterbatasan lahan maka  Luasan TPA Sampah di  Kota Pariaman masih berkisar 1,5 Ha. Sementara pada pengelolaanya, Universitas Andalas melakukan pendampingan kepada Kelompok masyarakat melalui pembentukan Bank Sampah.

Julhendri selaku Direktur Bank Sampah Tunas Muda mengatakan bahwa pihaknya selaku pengelolah sampah telah mampu memproduksi Pupuk Organik Padat dan Cair yang berasal dari Sampah yang diurai dengan mikro organisme dengan menggunakan Ulat Maggot. Hasil produksi pupuk organik itupun telah mendapat sertifikat akreditasi dari Komisi akreditasi Nasional dan pupuk organik. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: