Hari Ini KPU Tapsel Akan Gelar Uji Coba Sirekap

/ Sabtu, 21 November 2020 / 00.35.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan , Sumatera Utara, menggelar kegiatan uji coba sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) atau e-rekap menjelang Pilkada 2020 Tapsel yang diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hari ini di lapangan Sepak Bola Siuhom Sabtu (21/11).


"Ini baru uji coba. KPU masih menunggu PKPU yang akan diterbitkan KPU RI dan ini merupakan persiapan saja," kata komisioner KPU Tapsel Zulhajji Siregar di Kantor KPU Desa Situmba Sipirok Jumat (20/11),.

 Ia mengatakan KPU Tapsel akan  melakukan persiapan simulasi teknis e-rekap surat suara hasil Pilkada, simulasi perhitungan surat suara dan disosialisasikan pada jajaran PPK.

Zulhajji  menilai KPU Tapsel melakukan langkah persiapan karena rekapitulasi suara melalui e-rekap merupakan kebijakan nasional dan kemungkinan akan diterapkan pada Pilkada 2020 bagi daerah yang telah siap.

 Ia menjelaskan simulasi akan menjadi bahan evaluasi dan bisa menjadi masukan apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihannya.

Penerapan e-rekap yang berbasis teknologi informasi ini disebut-sebut akan menyederhanakan perhitungan suara dengan cara kerja plano C akan difoto. Lalu hasil tersebut diperiksa bersama dengan petugas KPPS serta saksi paslon dan baru dikirim ke server. "Banyak kegunaannya dan ini akan memutus tahapan yang panjang serta menghemat waktu," ujar Zulhajji.

Beliaumenambahkan sistem e-Rekap tetap melaksanakan pleno di setiap tingkatan baik itu di PPK. "Bagi penyelenggara di TPS nantinya akan menggunakan HP sistem android dalam pelaksanaan E- Rekap," tutur dia.

KPU Kabupaten Tapanuli Selatan juga akan terus-menerus melakukan bimbinga teknis sampai tingkat PPS sehingga petugas penyelenggara benar-benar dapat menguasai pengguna Sirekap ini yang berbasis IT. "Ini merupakan persiapan awal saja," ujar Zulhajji.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: