Jalan Provinsi Hutaimbaru Akan Tembus Ke Pijorkoling

/ Rabu, 18 November 2020 / 17.33.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Jalan Provinsi Hutaimbaru-Hanopan dengan titik awal Kelurahan Hutaimabru, Kecamatan P.Sidimpuan Hutaimbaru hingga Ke Desa Hanopan Kecamatan P.Sidimpuan Selatan diproyeksikan akan ditembusakan ke Kelurahan Pijorkoling, Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara.

Kepala UPT Jalan Jembatan P.Sidimpuan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu Hasian Dasopang, di P.Sidimpuan, Rabu (18/11) mengatakan, hingga kini pembangunan peningkatan jalan yang sudah selesai dikerjakan dengan Aspal Hotmix sudah sepanjang 1.5 KM.


Kemudian dari ujung hotmix hingga ke Sirappak Desa Partihaman Saroha sudah dibentuk atau di profil sepanjang 3.4 KM. Selanjutnya dari Sirampak hingga ke ke Desa Hutanopan sepanjang 3.4 KM lagi sudah di profil dengan menggunakan alat berat dan juga menggunakan jasa konsultan.


Katanya saat pembukaan badan jalan yang akan ditembuskan ke Pijorkoling tersebut, kondisinya masih jalan tikus atau jalan setapak yang biasa dilalui warga petani, sedangkan badan jalan yang dibuka masih merupakan hutan atau lahan warga yang masih dibiarkan.


Sejak Pemko P. Sidimpuan menyerahkan Akses jalan tersebut menjadi Jalan Provinsi pada 2012 lalu, baru tahun ini akses yang memperpendek jarak tempuh Hanopan tersebut memperoleh dana peningkatan jalan sebesar Rp5.662.500.000 dan telah digunakan untuk peningkatan dan pembangunan jalan itu.


Katanya, tahun depan Pemprovsu sudah merencanakan akan melanjutkan peningkatan jalan tersebut mulai dari ujung Aspal hingga Ke Sirappak dan kalau memungkinkan akan menghotmix hingga ke Desa Hanopan, sehingga Jalan Provinsi Hutaimbaru-Hanopan dapat dilalui dengan mulus.

Menurut Dasopang, perencanaan selanjutnya akan meneruskan pembukaan dan pembangunan badan jalan hingga ke Kelurahan Pijorkoling, P.Sidimpuan Ternggara sehinga Jalan Lingkar Lintas Timur Padangsidimpuan tersebut terbangun sepenuhnya. (PS/BERMAWI)

 

Komentar Anda

Terkini: