Kadis PUPR Tapsel : Kondisi Jalan Batangtoru-Muara Batangtoru 84 Persen Diaspal

/ Minggu, 15 November 2020 / 04.01.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Kondisi ruas jalan Kabupaten Tapanuli Selatan mulai dari Kampung Telo (Batang Toru) menuju Portal Perkubunan ANJ (Muara Batang Toru) sudah mulus di hotmix. 


"Panjangnya yang di hotmix itu sekitar 26 kilometer (km), dari 31 km," kata Kadis PUPR Tapanuli Selatan CH Rizal kepada wartawan , Sabtu (14/11).

Menurut dia, lebih kurang 5 km ruas jalan Kampung Telo - Portal ANJ dengan kondisi sedang dan rusak yang juga telah menjadi perhatian pemerintah daerah. 

"Terbangunnya secara bertahap 26 km hotmix bersumber dana APBD Kabupaten Tapsel ini baru dalam masa 10 tahun kebelakang. Bahkan ada sejumlah titik ruas jalan itu di hotmix lebih memperbaiki yang rusak," tambahnya.

Baiknya kondisi jalan ini cukup berdampak bagi kelancaran arus lalulintas, termasuk hasil-hasil bumi masyarakat yang pada gilirannya menuju arah peningkatkan perekonomian warga.

"Kami baru merasakan kemerdekaan itu. Bila diingat dulu hendak ke Pasar Batang Toru jaraknya 5-6 km bisa menyita waktu berjam-jam,  padahal jaraknya cuma 5-6 km," kata Bahrum Nasution (50) warga Hapinis saat ditemui.

Sedihnya, tambah Bahrum, menyebut akibat  jalan rusak dulunya hubungan silaturrahmi juga terganggu akibat timbul rasa malas untuk saling melakukan berkunjung ke luar daerah akibat parahnya akses jalan.

"Sepuluh tahun kepemimpinan Bupati Syahrul M. Pasaribu harus jujur saya akui, bahwa kemajuan pembangunan khusunya jalan telah mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat," jelasnya. 

Zahro Lubis (53) ibu pedagang di Lingkungan IV Mabang 1, Desa Muara Huta Raja, Muara Batang Toru ini jujur mengaku warung nasinya kini ramai dikunjungi setelah akses jalan baik. 

"Tidak heran pejabat eksekutif, legislatif, profesional, pengusaha apalagi dari Padang Sidempuan, Tapsel banyak sering mampir makan ke warung ini," pungkasnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: