Pasca Banjir Luapan Sungai Belumai, Muspika STM Hilir Siapkan Dapur Umum

/ Sabtu, 14 November 2020 / 22.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DELI SERDANG-Hujan deras yang mengguyur kawasan hulu Kecamatan STM Hilir, Jum’at (13/11/2020) malam, mengakibat Sungai Belumai Deliserdang meluap. Akibatnya puluhan rumah warga di Desa Tadukan Raja Kecamatan STM Hilir terendam air setinggi 3 Meter.

Luapan dari Sei Belumai menyebabkan Warga yang terdampak terpaksa mengamankan barang dan perabotan dari rumah mereka ke tempat yang aman agar tidak terendam banjir.


Camat STM Hilir Esron Girsang AP.MSi yang turun ke lokasi bersama unsur Muspika Kecamatan STM Hilir Sabtu (14/11/2020) langsung memberi bantuan berupa sembako, obat obatan serta mendirikan dapur umum di Dusun III Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir.


Kepada wartawan, Erson Girsang Sabtu menjelaskan, akibat hujan deras di hulu sungai pada pukul 03.30 WIB, menyebabkan debit air sungai Belumai tinggi sehingga tanggul yang berada di Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir tidak mampu menahan debit serta derasnya air sungai sehingga berdampak banjir.


"Saat ini air sudah  surut dan warga yang tinggal di Perumahan ini sedang membersihkan lokasi tempat tinggal dan barang-barangnya yang terkena banjir akibat luapan sungai Belumai," lanjut Erson.


Ditambahkan Erson warga yang terkena dampak ialah di Kecamatan STM Hilir yakni Dusun III  Desa Tadukan Raga dengan ketinggian air mencapai 3  Meter dan mengakibatkan air masuk kerumah warga sebanyak 15 KK.


"Tidak ada korban jiwa terkait bencana banjir di Dusun III Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir tersebut, airjuga sudah mulai surut," terang Erson. 


Sementara upaya yang telah dilakukan Muspika, memonitor terus perkembangan debit air, mengkordinir masyarakat untuk bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di Sekitar rumah. 


Menghimbau masyarakat siap siaga apabila debit air naik kembali. MenyiapkanPosko kesehatan dan menyiapkan dapur umum di Blok M nomor 35. Damkar Kabupaten Deliserdang turut dilibatkan untuk Membersihkan lokasi banjir serta menyediakan makan siang untuk para penghuni dan masyarakat yang ikut membersihkan lokasi banjir.


Turut mendampingi Camat STM Hilir yang turun ke lokasi diantaranya, mewakili Dan Ramil 20/TK, Serka Mangku Sitepu, Bhabinkamtibmas Desa Tadukan Raga, Bripka Roni Sembiring, Kapuskesmas Talun Kenas, dr.Herlina Sembiring,M.KES, Kades Tadukan Raga, Muhammad Dermawan, Kasi Pemerintahan Kecamatan STM Hilir, M.Saleh Daulay, S.Sos, BPD Desa Tadukan Raga, Staf Kecamatan STM Hilir, Staf Puskesmas Talun Kenas serta FKDM STM Hilir.l(PS/HERISEMBIRING)

Komentar Anda

Terkini: