Pembangunan Infrastruktur Desa Menjadi Pendukung Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

/ Rabu, 11 November 2020 / 13.22.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pembangunan infrastruktur di pedesaan menjadi sarana pendukung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Jika program tersebut berjalan beriringan, proses pembangunan dalam rangka menjunjung perekonomian warga dapat terlaksana dengan baik harus didukung SDM masyarakatnya itu sendiri. 


Hal ini dikatakan Kades Sijungkang, Adi Mirhan Siregar kepada awak media diruang kerjanya,  Selasa (10-11-2020). 

Dicontohkannya, andaikan ada program pembangunan dari berbagai instansi dalam satu Desa, masyarakatnya harus rela menghibahkan tanahnya.

Karena sesuai aturannya,  setiap pemerintah akan mengucurkan dana untuk pembangunan fasilitas umum apabila ada surat hibah.

“Sebelum diusulkan untuk rencana program pembangunan baik itu fasilitas kesehatan, pendidikan dan pertanian, pembangunan jalan dan lain sebagainya  tentunya hendaknya Desa mempersiapkan lahan serta bukti pendukung penghibahan lahan itu pada pemerintahan,”katanya,

Ditambahkannya,  setiap pembangunan fasilitas umum  tidak akan terealisasi bila masyarakatnya tidak melampirkan surat hibah lahan  pembangunan yang diusulkan beserta surat penyerahan lahan itu. ”Ya, kalau statusnya tanah perorangan tidak bisa dibangun, kecuali sudah dihibahkan,”ujarnya.
Surat pembebasan dan penghibahan lahan untuk pembangunan fasilitas umum itu ditegaskanya merupakan persyaratan utama direalisasikanya ataupun tidaknya program pembangunan fasilitas umum yang diusulkan Desa. 

Dikatakanya, banyak ditemukan rencana pembangunan yang diusulan Desa tidak dilengkapi dengan penyertaan surat pembebasan dan penghibahan lahan hingga usulan tersebut tidak dapat direalisasikan.

Surat pembebasan dan penghibahan lahan yang diberikan masyarakat, merupakan salah satu pegangan bagi pemerintah untuk membangunnya. Jangan sampai setelah dibangun menjadi kontra ditengah masyarakat.

"Namun Alhamdulillah di Desa Sijungkang ada sebagian masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya seperti contoh pembangunan jalan lintas dari Desa Pargarutan Dolok sampai ke Desa Sijungkang, yang dulunya ini merupakan tanah warga. Namun atas kesadaran masyarakatnya jalan ini sudah tembus dan bagus," pungkas Adi Mirhan Siregar. (PS/BERMAWI)

    Komentar Anda

    Terkini: