Persatauan Sienem Koden Sidikalang Memberikan Bulang-bulang dan Makanan Ciri Khas Pakpak Kepada Franc Bernhard Tumanggor

/ Senin, 30 November 2020 / 11.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Persatuan (Persadaan) Sienem Koden Sidikalang Sekitarnya memberikan bulang-bulang dan makanan  adat ciri khas Pakpak kepada Franc Bernhard Tumanggor  pada hari Minggu (29/11/2020) di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo Kabupaten Dairi,Provinsi Sumatera Utara.

Selaku adat Pakpak ketika ada orang yang mau atau bercita-cita ingin mengambil suatu kerajaan ayau sebagai perkebas/pergemgem,tentu terlebih dahulu diberangkatkan dengan makakan ciri khas Pakpak yaitu Plleng dengan seekor ayam yang dimasak dilengkapi dengan sendihi,yaitu ayam (Manuk) tuk.Supaya tuk perejekian soh (sampai) apa yang dicita-citakan.

Itulah yang disampaikan tokoh adat marga Tumangger ,yaitu Simpan Tumangger atau sering disebut Pabantu Tumangger/Mpung Sumanda itu.Begitu juga diberikan kepada Franc Bernhard Tumanggor  seperangkay adat Pakpak yang disebut selama ini namanya bulang-bulang untuk memberangkatkan menuju pencapaian cita-citanya,

"Franc Bernhard Tumanggor ucapkan terimakasih  kepada   persadaan Sienem Koden" 
Termasuk kepada Franc Bernhard Tumanggor yang ingin menjadi Bupati Pakpak Bharat yang berpasangan dengan wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin yang selama ini desebut-sebut FBT MO.Jadi dalam hal ini Sienem Koden yang ada di Sidikalang merasa terpanggil batin saduara-saudaranya untuk memberangkatkan secara doa,agar cita-cita Franc akan menjadi kenyataan nantinya untuk memimpin Pakpak Bharat 5 tahun kedepan,ungkap Pabantu selaku tokoh marga Tumangger di Sidikalang Sekitarnya.

Disamping memberikan makanan kepada Franc Bernhard Tumanggor,terlebih dahulu Persadaan Sienem Koden memberikan makanan ciri khas kepada M.P.Tumanggor bersama-sama dengan Nyonya Tumanggor Hetty br.Sitinjak,selaku orangtua Franc,agar pak M.P.Tumanggor beserta keluarga selalu sehat-sehat apalagi dalam memperjuangkan franc menjadi Bupati pakpak Bharat,yang akan dilaksanakan pemilihannya pada tanggal 09 Desember 2020 yang akan datang,dan seluruh tem FBT MO juga diberkati Tuhan supaya semuanya lancer dan tidak ada kekurangan sesuatu apapun ujar Pabantu Tumangger.

Spontanitas yang dilakukan oleh persadaan Sienem koden acara pemeberian bulang-bulang dan makanan ciri khas Pakpak itu,adalah sebagi doa untuk meraih kerajaan atau pemimpin di Pakpak Bharat untuk 5 tahun kedepan.Selaku panitia yang melaksanakan acara itu,seperti Pakembar ( Posma Tumangger,SH),Pa.Nisa (Drs.Manihar Tumanggor,M.Pd), ada dua Pendeta seperti Pa.Teo Tumangger,Pakarunia Tumanggor,Pa.Yuni Tumanggor,Pakiara Tuamnggor, Pa.Janasro (Drs.Asi Roha Tumangger), termasuk berru dket bre-brena yang ada dalam acara tersebut.

Setelah selesai pemberian makanan ciri khas Pakpak kepada M.P.Tumanggor/Ny.Tumanggor boru Sitinjak dan makanan ciri khas Pakpak berupa Plleng dan pemberian bulang kepada Franc beserta Ny.Nia boru Sirait,walaupun Ny,Franc yaitu Nia boru Sirait tidak dapat hadir dalam acara itu,karena mengikuti kampanye di Penjaratan Kuta Dame Kecamatan Kerajaan.

M.P.Tumanggor mengucapkan terima kasih kepada Sienem koden berru dket bre-brena atas pemberian makanan ciri khas Pakpak dan doa yang disampaikan kepada kami termasuk kepada anak kami Franc Bernhard Tumanggor yang mau menjadi Bupati pakpak Bharat yang akan dilaksanakan pemilihan pada tanggal 09 Desember 2020 akan datang.

Berpesan juga kepada Franc,inilah Sienem koden yang begitu antusias sekali melakukan acara pemebrian makanan khas dan bulang-bulang,ingat itu,karena para orangtua kita ini tidak ada kepentingan di Pakpak Bharat,tapi walaupun begitu Partua kita ini memberikan spot dan doa,agar apa yang kita cita-citakan bersama terkabul dan Tuhan tetap menyetai kita semua termasuk pinempar Sienem Koden berru dket bre-berana,ungkap mantan Bupati Dairi 2 Priode itu.

Franc Bernhard Tumanggor juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua para orangtuaku  persadaan Sienem Koden diamana kami sekeluarha mendapat kehormatan menerima makanan ciri khas Pakpak dan bulang-bulang kepada kami sekeluarga,juga mendoakan agar apa yang kami cita-citakan terujud nantinya berkat doa persadaan Sienem Koden Sidikalang sekitarnya.Tuhan memberkati dan memberikan anugrahNya kepada kita bersama. FBT Mo ,Bersatu,Berjuang,Menang,Njuah-njuah. Amin. (PS/K.TUMANGGER).

"Pinempar Sienem Koden dalam acara pemeberian bulang-bulang dan makanan ciri khas kepada Franc Bernhard Tumanggor "

 

 

 

 

 

 


Komentar Anda

Terkini: