Petani Di Tapsel Keluhkan Harga Cabe Sangat Rendah.

/ Kamis, 26 November 2020 / 03.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Petani Cabe di Desa Sori Manaon Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)  mengeluh, pasalnya harga daya beli cabe dari tingkat toke kepada petani hanya di kisaran Rp. 30.000./ Kg. Sementara harga jual dari toke kepada penjual cabe eceran dipasaran  dikisaran harga Rp. 42.000/ Kg. 


Hal ini dikeluhkan petani Cabe, Amir Husin Harahap kepada awak media , Rabu (25/11). Disampaikannya menurut amatannya harga ditingkat kedai mencapai Rp. 50.000./ Kg. " Kan itu namanya tidak sebanding lagi dengan harga beli ditingkat petani kebun cabe,  harusnya lebih idealnya harga ditingkat petani mencapai Rp. 35.000/ Kg.
"Kami sebagai petani cabe berharap harga cabe naik sesuai dengan permintaan pasar, karena modal ataupun biaya perawatan bertanam cabe ini begitu tinggi mulai dari pembibitan penanaman perawatan sampai masa panen," pungkas Amir. 

Diharapkannya, kedepan harga cabe ini harus sebanding dengan harga ditingkat petani dan tingkat pengecer. Amir Husin menilai pihak toke terlalu banyak mengambil keuntungan dikisaran Rp. 15.000/ Kg sampai Rp. 20.000.

"Namun saya tidak pungkiri harga  pasaran cabe ditingkat petani dalam seminggu ini biasanya bertahan Rp. 25.000, sampai Rp. 28.000. Dan terahir harganya mencapai Rp. 30.000," pungkas.

Amir Husin berharap kepada pihak yang berkompeten agar dapat menstabilkan harga cabe ditingkat Petani.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: