Bupati Dairi Hadiri Panen Raya Jagung di Lahan Pertanian Rutan Kelas II B Sidikalang

/ Kamis, 12 November 2020 / 15.37.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI- 
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu hadiri panen raya jagung yang ada di areal lahan Pertanian Rutan Kelas II B Sidikalang, Rabu (11/11/2020). Jagung tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Dairi bersama dengan Rutan Kelas II B Sidikalang.

Bupati  sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian bersama dengan Rutan Sidikalang. Dikatakannya, kegiatan seperti ini merupakan suatu contoh buat Lembaga atau komunitas lain bahwa lahan pertanian sangat berharga jika dipergunakan.

“Kegiatan ini bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi Lembaga atau komunitas lain. Lahan yang kosong bisa dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang sangat berharga dan semua bisa dikelola sesuai dengan aturannya. Bagi warga binaan yang ikut berpartisipasi ini merupakan suatu kegiatan yang mengembalikan jati diri saudara. Sepulang dari Rutan, saudara sekalian bisa menjadi mandiri dan memiliki pengetahuan tentang pertanian yang nantinya bisa kalian terapkan sepulang dari Rutan,” ujarnya.

Selanjutnya, Karutan Kelas II B Sidikalang, Jonson Manurung mengatakan kegiatan ini merupakan sebagai tindak lanjut perjanjian kerjasama antara Rutan Sidikalang dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Dairi tertanggal (13/4/2020) tentang program pembinaan kemandirian warga binaan pemasyarakatan dalam pemanfaatan lahan di Rutan Sidikalang

“Luas lahan yang kita tanam jagung 17 rante dengan estimasi produksi 5-6 ton. Kita sampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan warga binaan serta menciptakan tenaga kerja mandiri dan bersertifikat. Selain itu, kegiatan pertanian jagung ini juga merupakan salah satu bentuk Implementasi dari Resolusi Pemasyarakatan yaitu berupa peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada satuan Kerja Pemasyarakatan. Diharapkan hasil dari pertanian jagung ini dapat disumbangkan kepada Negara dalam bentuk,” tuturnya.

Selanjutnya, Jonson Manurung juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi, khususnya Bupati Dairi atas kerjasama yang telah dijalin selama ini. Jonson berharap semoga kerjasama ini tetap berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi kedua instansi.

Selanjutnya, Dalam kesempatan tersebut Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memberikan Sertifikat kepada Warga Binaan Rutan Sidikalang yang telah memiliki kompetensi di bidang Pertanian. Nantinya Sertifikat tersebut dapat dipergunakan oleh Warga Binaan setelah bebas menjalani masa pidana.PS/K.TUMANGGER) 

Komentar Anda

Terkini: