Tampung Aspirasi Warga, Dinas PUPR Karo Normalisasi Drainase Di Kota Wisata Berastagi.

/ Senin, 23 November 2020 / 21.15.00 WIB

 



POSKOTASUMATERA.COM. KARO - Memasuki musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kabupaten Karo terus melakukan normalisasi anak sungai dan drainase untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan air dan mengganti selap beton yang rusak di sekitar Pemukiman masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo Edu Sinulingga pada senin (23/11) mengatakan, bahwa normalisasi drainase ini dilakukan dengan cara menggali parit (got) untuk mencegah pendangkalan akibat lumpur, sampah dan batu batu kecil . Menurutnya, normalisasi saluran air merupakan prioritas Dinas PUPR guna mencegah genangan air dan terjadinya banjir saat musim hujan tiba di sejumlah ruas jalan. 

Dia menyebutkan, salah satu faktor terjadinya genangan air atau banjir itu disebabkan kurang berfungsinya saluran air, dan menambahkan bahwa saat ini ditemukan banyak saluran drainase yang tidak berfungsi dengan normal akibat tersumbat sehingga mengalami pendangkalan.

"Beberapa titik drainase yang kami temukan tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat sampah, ada juga yang dangkal. Untuk itu kami akan terus melakukan normalisasi dengan membuang halangan- halangan di anak sungai  dan drainase, termasuk juga kami akan menggati selap beton yang sudah rusak,"ujar Edu Sinulingga.

Dirinya mengakui normalisasi drainase tidak menjadi jaminan untuk menghindari terjadinya banjir, namun setidaknya dapat mempercepat  surutnya air yang menggenangi jalan.pasalnya, dibeberapa ruas jalan yang digenangi air juga dipengaruhi oleh dataran rendah. Seperti di Jalan Perniagaan , Jalan Pengasilan dan Jalan Pasar Berastagi  di beberapa titik itu memang sedikit rendah, sehingga apabila hujan akan terjadi banjir.

Untuk itu, kata Edu, ke depanya dinas PUPR Kabupaten Karo akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Sumut untuk pembenahan yang lebih baik

. " ruas jalan di Kabupaten Karo ini tidak semua menjadi tanggung jawab dinas pupr Kabupaten Karo tetapi ada juga tanggung jawab Dinas pupr Provinsi dan nasional atau pusat, Kami akan saling berkoordinasi," pungkasnya.

Ditempat terpisah , Warga seputaran Berastagi, T. Bangun  dan Sabirin mengapresiasi kinerja PUPR yang telah memperbaiki sejumlah dranase di Kota Berastagi. (PS/ BUDIMAN S)

Komentar Anda

Terkini: