H.M Syahrial Tinjau Langsung Lokasi Banjir di Kecamatan Datuk Bandar

/ Sabtu, 12 Desember 2020 / 12.47.00 WIB


*Pemkot Tanjungbalai juga telah menyediakan posko siaga banjir yang lokasinya di Gedung Serbaguna (GOR), disana semua sudah kita siapkan mulai posko kesehatan, dapur umum, posko inap, seketariat posko bantuan, tempat ungsi barang milik warga serta mobil pengangkutan barang masyarakat


POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial bersama sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir yang melanda Kota Tanjungbalai khususnya yang berada di Kecamatan Datuk Bandar, Jumat (11/12/20) sore.

Dalam kunjungannya, Wali Kota H.M Syahrial memantau langsung kondisi rumah warga yang saat ini sudah digenangi air hingga masuk kedalam rumah. Peninjauan dimulai dari daerah jalan Adam Malik (Pasar Traktor) - Jalan Husni Thamrin - Bundaran Pancakarsa - Simpang Pancakarsa (Jalan Sudirman). 

"Kondisi saat ini air cukup tinggi, dan air sudah masuk kerumah warga, sebagian lokasi saat ini jalan sudah sulit dilintasi kendaraan roda dua bahkan roda empat," kata Wali Kota H.M Syahrial.

Saat peninjauan, Wali Kota H.M Syahrial juga memantau langsung evakuasi seorang wanita lansia, nenek udin (90) yang sehari hari tinggal di rumah anaknya di Pasar Traktor, Dusun XV, Desa Sei Dua Hulu, Asahan yang akan dibawa kerumah keluarganya di Pulo Simardan, Tanjungbalai. Wali Kota H.M Syahrial mengintruksikan evakuasi secepatnya kepada tim satgas bencana Tanjungbalai, BPBD, Tagana dan TNI.

"Saya tentunya sangat prihatin buat warga saya yang terdampak banjir saat ini, khususnya para lansia, anak anak ataupun balita, dalam penanganan banjir yang terjadi saat ini Pemkot Tanjungbalai juga telah menyediakan posko siaga banjir yang lokasinya di Gedung Serbaguna (GOR), disana semua sudah kita siapkan mulai posko kesehatan, dapur umum, posko inap, seketariat posko bantuan, tempat ungsi barang milik warga serta mobil pengangkutan barang masyarakat,"paparnya.

Pemkot Tanjungbalai akan berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi banjir ini, kita akan memantau terus pompa air yang saat ini kita minta menyalah secara maksimal salah satunya pompa yang berada di pintu klep sungai bandar jaksa. 

Pemkot Tanjungbalai segera menyerahkan bantuan bantuan yang saat ini dibutuhkan warga mulai makanan dan obat obatan, paparnya.

“Kita akan segera memberikan bantuan yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, karena saat ini masyarakat sulit beraktivitas. Obat-obatan juga akan kita beri karena banjir rawan penyebaran penyakit”, ujar Wali Kota H.M Syahrial.

Wali Kota H.M Syahrial menjelaskan, bahwa banjir di daerah Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur salah satunya disebabkan jebolnya tanggul didaerah desa sei dua hulu beberapa hari yang lalu. 

Saya juga sudah berkordinasi dengan pihak pihak terkait baik Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, UPT Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR Sumut dan pihak lainya untuk segera membantu penanganan banjir di Kota Tanjungbalai.

"Saya berharap kita saling bahu-membahu dalam menanggulangi bencana banjir ini, sama seperti harapan warga terdampak banjir dan saya pribadi yakni ingin air segera surut sehingga dapat tinggal nyaman dan beraktifitas seperti biasanya," harapnya.


Wali Kota H.M Syahrial meminta seluruh OPD untuk proaktif memantau sekaligus menurunkan satgas dan peralatan bantuan lainnya kepada masyarakat.⁣

"Pastikan keamanan warga dan kebutuhan dasar dalam posisi siap, posko siaga banjir sebagai lokasi pengungsian warga juga harus siap memberikan pelayanan terbaik untuk warga,"pinta H.M Syahrial.
(PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: