Panwascam Angkola Barat Gelar Bimtek, PTPS Ujung Tombak Pengawasan di TPS

/ Kamis, 03 Desember 2020 / 19.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan  memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada serentak 9 Desember, Kamis (3/12/2020).


Bertempat di Aula aula Kantor Camat Kecamatan Angkola Barat . Sebanyak 57 TPS Pengawas TPS  Sekecamatan Angkola Barat diharapkan dapat menjalankan tugas secara efektif.


Ketua Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Riski Abadi Rambe, S. Pd mengatakan, tujuan pengawasan sendiri yakni melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang terjadi pada proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Selain itu tugas Pengawas TPS juga memastikan pelaksanaan pengawasan di TPS berjalan lancar dan benar sesuai dengan ketentuan dalam peraturan dan Undang-Undang," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner  Panwaslu Angkola Barat Sarbeni Harahap mengungkapkan, Pengawas TPS merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan tahun 2020.

"Pengawas TPS merupakan ujung tombak utama dari pelaksanaan pilkada serentak, dalam proses pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ungkapnya.

Sehingga diharapkan Pengawas TPS mampu menjalankan tugas  secara efektif, dan mampu mencegah pelanggan Pilkada di TPS. Selain itu, dalam situasi Pandemi saat ini Pengawas TPS juga harus mengawasi penerapan protokol Kesehatan Covid-19 di TPS.

Hal senada juga disampaikan Anggota Panwascam Ramlan Siregar bahwa Panwas TPS ini adalah kunci utama suksesnya pengawasan. Apabila terjadi sengketa pilkada di MK,  Panwas TPS lah yang menjadi saksi. 

Lebih. Lanjut disampaikan bahwa dalam menjalankan tugas PTPS ini diberikan buka saku,  baju hazmat,  APD dan lain sebagainya untuk mencegah covid-19, ujar Ramlan. 
 

Dalam kesempatan salah satu Pengawas TPS Desa Parsalakan mengatakan, melalui Bimtek ini ia bisa belajar dan memahami peran dan tugas sebagai Pengawas TPS nantinya.

"Dengan bimtek ini, kami bisa mengetahui apa saja nantinya peran, dan tugas serta tanggung jawab kami sebagai pengawas di TPS, dalam pemungutan dan perhitungan suara," pungkasnya.[PS/BERMAWI]



Komentar Anda

Terkini: