Panwascam Marancar Gelar Bimtek Panwas TPS

/ Kamis, 03 Desember 2020 / 22.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Marancar  menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Kamis (3/12) di aula Kantor Camat Marancar Desa Marancar Godang. 


Panwas TPS yang  mengikuti Bimtek sebanyak sebanyak 26 orang yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi hasil rekruitmen PTPS, Se Kecamatan Marancar. 

Ketua Panwascam Maracar , Ahmad Rivai Purba mengatakan, bahwa Bimtek bertujuan memberikan materi pemahaman mendasar terhadap PTPS seputar tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nantinya di TPS.

“Tugas PTPS mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara. 

Selain itu, kata Ahmad Rivai Purba, terkait teknis tahapan, melalui Bimtek inilah para petugas PTPS diberikan pelatihan maupun simulasi sehingga nantinya tidak lagi canggung apalagi kaku dalam menjalankan tugasnya apalagi disaat menemukan salahsatu adanya dugaan pelanggaran, mereka berwenang menyampaikan keberatan atas hal itu.

“Namun, ketika keberatan itu telah disampaikan dan tidak diindahkan oleh petugas KPPS, maka tugas mereka hanya sampai disitu. Selanjutnya menuangkan temuan tersebut di Laporan Hasil Pengawasan Pemilu, ” pungkasnya.

Selanjutnya, Komisioner Panwascam Marancar Iskandar Muda Siregar yang juga devisi pengawasan mengungkapkan, Pengawas TPS merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan tahun 2020.


"Pengawas TPS merupakan ujung tombak utama dari pelaksanaan pilkada serentak, dalam proses pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ungkapnya.

Sehingga diharapkan Pengawas TPS mampu menjalankan tugas  secara efektif, dan mampu mencegah pelanggan Pilkada di TPS. Selain itu, dalam situasi Pandemi saat ini Pengawas TPS juga harus mengawasi penerapan protokol Kesehatan Covid-19 di TPS.

Turut hadir dalam acara bimtek Panwas TPS Ketua Panwascam Ahmad Rivai Purba
Anggota Panwascam  Iskandar Muda Siregar Divisi Pengawasan,Warman Sugito Divisi Penindakan, Kepala Seketariat,  Bendahara dan staf Panwascam.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: