Wakili Walikota, Kadis Syari'at Islam dan Pendidikan Dayah Buka Pelatihan Khatib Jum'at Se-Kota Lhokseumawe.

/ Senin, 07 Desember 2020 / 10.49.00 WIB

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe, Tgk H. Misran Fuadi, S.Ag, MAP membuka secara resmi Pelatihan Khatib Se-Kota Lhokseumawe, (FOTO|PS-DAHLAN)

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSEUMAWE - Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe, Tgk H. Misran Fuadi, S.Ag, MAP membuka secara resmi Pelatihan Khatib Se-Kota Lhokseumawe, yang berlangsung di Gedung Hasbi Ash Shiddieqy dari tanggal 7 sampai dengan 10 Desember 2020.


Misran Fuadi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat bermamfaat diikuti oleh Santri dan Remaja Mesjid dalam memahami secara teknis kafiat dan tata cara khutbah serta mengetahui hukum dan rukun khutbah secara teknis bagi seorang yang menjadi khatib. " khatib harus mampu memberikan nasehat tentang ketaatan dan ingat kepada Allah dan Rasul nya terutama untuk.diri sendiri dan untuk jamaah jumat, (ibda"  binasif), ujarnya.

Oleh sebab itu, Walikota Lhokseumawe mendukung sepenuhnya kegiatan pelatihan yang sangat bermamfaat ini, dalam rangka mencetak para Khatib yang kondang di kalangan santri dan remaja mesjid. Sehingga mereka yang telah mengikuti pelatihan ini akan mampu tampil lebih maksimal saat menjadi khatib, walaupun sebelumnya juga sudah sering tampil sebagai khatib, ungkap Misran Fuadi.

Sementara itu Ketua Panitia Pelatihan Khatib Jumat Se' Kota Lhokseumawe, Tgk Ramli, S.Ag, M.Kom I, mengatakan tujuan utama dari pelatihan Khatib Jumat ini adalah untuk mengasah ketrampilan dan meningkatkan kemampuan kader Khatib Jumat kedepan. ' ini merupakan kegiatan perdana Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah," katanya.

Adapun jumlah peserta, sebut Ramli, sebanyak 100 orang yang berasal dari utusan Dayah dan Remaja Mesjid se Kota Lhokseumawe,  yang terbagi dua gelombang. Gelombang pertama mengikuti pelatihan tanggal 7 - 8 Desemeber,  gelombang  kedua tanggal 9 - 10 desember 2020.

Sedangkan yang menjadi narasumber pada pelatihan ini adalah Drs. Tgk, Asnawi Abdullah, MA, anggota MPU Aceh dengan materi, Hukum dan Kaifiyat Khutbah Jumat. Tgk H. Abu Bakar Ismail Ketua MPU Kota Lhokseumawe dengan materi Profil.dan Adab Khatib, Tgk Misran Fuadi Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Lhokseumawe dengan materi Fashanah dan Retorika Khutbah, Tgk H Abdurrahman Yusuf, anggota DPRK Lhokseumawe dengan materi Wawasan dan Materi Khutbah.


Acara ini di pandu oleh moderator handal, diantaranya adalah Tgk Fajri, Tgk Jamaluddin H. Khadir, Tgk Muhammad Rahmat, Tgk Fakhurrazi, Tgk Abdul Halim LLc, LLM, Tgk Sufri, serta Tgk Muhadar, Tgk Subhan. Ramli mengharapkan melalui pelatihan ini supaya dapat melahirkan kader khatib Jumat yang berilmu dan menjadi teladan bagi masyarakat. (PS| DAHLAN)

Komentar Anda

Terkini: